Koalisi Indonesia Bersatu terancam bubar setelah Partai Golkar manuver mendukung Prabowo Subianto.
Sumber :
  • Sumber: Tim Tvone

Partai Golkar Terus Bermanuver dengan PKB dan Gerindra, KIB Terancam Bubar atau Auto Bubar, Ini yang Dikatakan PPP

Jumat, 12 Mei 2023 - 07:34 WIB

Jakarta, TvOnenews-com -Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) terdiri dari PPP, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Parta Golkar terancam bubar atau auto bubar setelah tidak saling sepaham terkait pengusungan calon presiden maupun calon wakil presiden. PPP saat ini sudah resmi mengusung Ganjar Pranowo sebagai bakal capres 2024 bersama PDI Perjuangan, sementara Partai Golkar sedang mesra dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

Ketua Majelis Pertimbangan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy mengakui potensi bubarnya KIB. "Selalu saya katakan apakah KIB itu bubar atau tidak, kapan KIB ini akan bubar? KIB akan bubar atau auto bubar, mana kala Golkar atau PAN tidak mengikuti PPP," kata Rommy

Meski rekan koalisi PP lainnya, Partai Golkar dan PAN belum bersikap terkait calon presiden maupun calon wakil presiden, Rommy mengaku optimistis salah satu parpol di KIB akan ikut bergabung dengan PPP mengusung Ganjar. Dalam hal ini, ia melihat kemungkinan PAN ikut mengusung Ganjar karena kedekatan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dengan Presiden Joko Widodo.

Dari dinamika politik yang terjadi, paling tidak terdapat tiga pasang capres dan cawapres yang akan berkontestasi pada Pilpres 2024 mendatang.  Selain Ganjar Pranowo yang diusung koalisi PDI-P, PPP, Hanura dan PSI; Demokrat sendiri telah membangun koalisi dengan Partai Nasdem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengusung mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai bakal capres. Di sisi lain, hubungan Golkar dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), yang telah berkoalisi dengan Partai Gerindra, kian menguat. (bwo) 
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:31
11:58
02:01
04:51
04:30
01:19
Viral