Bangunan Mushola tersebut dibuat dari limbah kayu ulin di Desa Terawan Kalteng.
Sumber :
  • Didi Syachwani

Intip Mushola Unik di Desa Terawan Kalteng, Terbuat dari Kayu Ulin

Minggu, 31 Oktober 2021 - 08:57 WIB

Kotawaringin Timur, Kalteng - Mushola As’salam berdiri kokoh di Desa Terawan, Kecamatan Seruyan Raya, Kabupaten Seruyan. Berbeda dengan bangunan mushola pada umumnya, Mushola ini memiliki keunikan tersendiri karena materialnya terbuat dari limbah kayu ulin. 

Para pelintas jalan trans kalimantan wilayah selatan, tepatnya di KM 71 Desa Terawan, Kecamatan Seruyan Raya, Kabupaten Seruyan, akan dibuat takjub melihat bangunan mushola yang cukup unik karena memiliki perpaduan bangunan khas jawa dan suku dayak. 

Ya, tempat ini sudah menjadi primadona. Pasalnya desain bangunan yang unik menyerupai pura, banyak menarik perhatian warga khususnya umat Islam untuk melaksanakan ibadah sholat lima waktu di Mushola tersebut.

Pengurus Mushola As'salam sekaligus pencetus berdirinya Mushola, Basuki mengatakan, bangunan Mushola tersebut dibuat dari limbah kayu ulin. Dimana ide ini muncul ketika pihaknya khususnya masyarakat desa setempat melihat limbah kayu ulin dari perusahaan yang tidak terpakai.

Bangunan Mushola As'salam ini 90 persennya terbuat dari limbah kayu ulin. Sementara untuk dindingnya sendiri dipasang menggunakan pasak dengan ketebalan 10 cm.

"Kami tidak menggunakan paku besi, tapi memggunakan pasak dari kayu ulin untuk merakit potongan-potongan pohon kayu ulin menjadi dinding," terang Basuki.

Sedangkan untuk luasan lahan Mushola mencapai 25 x 22 meter dengan luas bangunan Mushola bagian dalam 7 x 7 meter dan luas bangunan luar 11 x 11 meter.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:23
06:31
01:06
08:06
06:33
04:50
Viral