Komisi Pemberantasan Korupsi.
Sumber :
  • Antara

Sejarah Terbentuknya Komisi Pemberantasan Korupsi Serta Daftar Pimpinan KPK dari Masa ke Masa

Selasa, 22 Agustus 2023 - 13:40 WIB

tvOnenews.com - Baru-baru ini Presiden RI ke-5 yakni Megawati Soekarnoputri mengatakan kalau dirinya pernah meminta Presiden RI saat ini, Joko Widodo untuk membubarkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Megawati Soekarnoputri mengeluhkan kalau hingga sampai saat ini masih banyaknya pejabat negara yang masih korupsi meskipun sudah ada KPK.

Pada pidatonya di acara Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, Megawati mengatakan kalau persoalan saat ini adalah penegakan hukum di Indonesia yang kurang tegas kepada para koruptor.

Dirinya juga merasa kalau kehadiran KPK terlihat tidak efektif dalam memberantas korupsi lantaran tetap banyak orang yang melakukan korupsi.

Bahkan, Megawati Soekarnoputri juga menceritakan kalau dirinya pernah meminta kepada Presiden Jokowi agar membubarkan KPK.

“Saya sampai kadang-kadang bilang sama Pak Jokowi, udah deh bubarin aja KPK itu Pak. Jadi menurut saya enggak efektif,” kata Megawati. 

Padahal, Komisi pemberantasan Korupsi (KPK) sendiri berdiri pada tahun 2002 silam, dimana pada saat itu Megawati Soekarnoputri masih menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia.

Menghimpun dari berbagai sumber, berikut ini sejarah dibentuknya KPK dan juga daftar pimpinan KPK dari masa ke masa yang coba tim tvOnenews rangkum.

Sejarah Terbentuknya KPK

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:12
01:42
08:26
02:22
03:19
05:01
Viral