Tekankan Perlindungan Laut, Erick Thohir: Aksi Laut Krusial atasi Perubahan Iklim.
Sumber :
  • istimewa - Antara

Tekankan Perlindungan Laut, Erick Thohir: Aksi Laut Krusial atasi Perubahan Iklim

Jumat, 1 Desember 2023 - 12:25 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Ad Interim Erick Thohir menekankan aksi perlindungan terhadap laut merupakan upaya krusial dalam mengatasi perubahan iklim.

“Kita tidak dapat melakukan mitigasi perubahan iklim tanpa aksi laut," ujar Erick dalam World Economic Forum (WEF) Ocean Pavilion at United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) The 28th Conference of the Parties (COP28) di, Dubai, UEA, Kamis (30/11), sebagaimana keterangan di Jakarta, Jumat (1/12/2023).

Dalam kesempatan itu, Erick menegaskan komitmen Indonesia dalam menghadapi perubahan iklim. 

Indonesia merupakan penjaga lautan dunia dengan lebih dari 70 persen wilayah berupa lautan.

Erick menyebut perairan Indonesia merupakan rumah bagi sebagian besar terumbu karang, lamun, dan bakau global, yang dapat memulihkan setidaknya 17 persen karbon biru global.

"Laut mengatur iklim kita dan secara signifikan dapat menahan dampak terburuk perubahan iklim, dengan menyerap emisi karbon dioksida dan panas dari atmosfer yang disebabkan aktivitas manusia," sambungnya.

Erick mengatakan perubahan suhu laut mempengaruhi pola migrasi ikan dan mengganggu musim penangkapan ikan tradisional. Indonesia, sambungnya, juga mengambil langkah konkret dalam mengatasi pencemaran ekosistem laut akibat plastik dan dapat merusak ekosistem laut.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
01:36
08:17
05:48
02:30
04:12
Viral