Lahan pertanian di Gunungkidul, DIY, yang rusak akibat serangan tikus, Kamis (9/12/2021).
Sumber :
  • Tim tvOne - Lucas Didit

Hama Tikus Serang 54 Hektar Lahan Pertanian di Gunungkidul

Kamis, 9 Desember 2021 - 17:57 WIB

Gunungkidul, DIY - Pada musim tanam tahun ini, serangan tikus cukup memprihatinkan menyerang lahan pertanian di Gunungkidul, Yogyakarta. Tanaman jagung diserang binatang pengerat ini sejak baru pertama ditanam dan masih berupa benih. Akibatnya, para petani terpaksa harus menanam kembali.

"Tak hanya benih jagung yang sudah ditanam, tikus juga menggerogoti batang jagung," terang Sutopo (43), petani warga Padukuhan Tanjung, Kalurahan Dengok, Kapanewon Playen, Gunungkidul, Kamis (9/12/2021).

Sampai saat ini, lanjut Sutopo, hampir 40 persen tanaman jagungnya mati karena serangan hama ini. Selain tanaman jagung, tikus juga menyerang tanaman padi, ketela, dan kacang.

Jenis tikus yang menyerang lahan pertanian ada empat jenis, tikus kecil (pithi), tikus dada putih, tikus rumah, dan tikus besar (wirok).

Sementara, Sekretaris Dinas Pertanian Gunungkidul, Raharjo menyatakan, intensitas serangan hama tikus di tahun ini cukup luas dibanding tahun sebelumnya. 

Pihaknya juga sudah menerjunkan petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman (POPT), untuk memantau serangan tikus di lahan petani.

"Petani bisa melaporkan ke petugas POPT, kemudian nanti kami bisa mengagendakan untuk gerakan pengendalian tikus bersama-sama," kata Raharjo.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
01:36
08:17
05:48
02:30
04:12
Viral