Dok. Debat Capres 7 Januari 2024..
Sumber :
  • Istimewa

FenomenaPrabowo Dukungan dengan Hati untuk Prabowo di TikTok, Ini Kata Pengamat

Selasa, 9 Januari 2024 - 12:30 WIB

tvOnenews.com - Debat ketiga Pilpres 2024 yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU), di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1) malam, masih ramai diperbincangkan masyakarat. Tiga calon presiden yang beradu gagasan adalah Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. Tema debat seputar pertahanan, keamanan, geopolitik, hubungan internasional, dan politik luar negeri.

Dalam debat, Prabowo Subianto terlibat beradu argumen dengan Anies Baswedan beberapa kali. Mereka berdebat sengit hingga Ganjar Pranowo merasa menjadi orang yang mendinginkan suasana. Di aplikasi TikTok, masyarakat tengah ramai memberikan dukungan untuk Prabowo. Muncul FenomenaPrabowo dari masyarakat yang menyatakan kesedihannya atas serangan yang begitu keras dan personal. 

CEO hingga S3 (sebutan kreator Tiktok selain Tiktokers) terlihat tidak malu-malu menumpahkan air mata hingga banyak menyampaikan simpati dan dukungannya terhadap sosok yang didampingi Gibran Rakabuming Raka tersebut. Prabowo dinilai mendapatkan serangan bertubi-tubu bahkan personal dari paslon lain.

Puluhan warganet dari platform media TikTok kemudian memberikan semangat kepada Prabowo melalui video pendek yang rata-rata datang dari para perempuan. Misalnya saja akun dengan nama Tasya, Yewla, Indriyani Noer Arief dan Yuka serta Tirta Siregar.

Pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Dedi Kurnia Syah pun mengurai sisi lain dari kontestasi debat. Hal tersebut tentunya tidak dapat dipandang biasa karena ramai diperbincangkan dan menjadi masif.

Bahkan menjadi suatu fenomena semakin besarnya dukungan dari masyarakat terhadap pasangan Prabowo-Gibran. Apalagi, pengaruh debat bisa memperkuat pilihan terkait kontestasi pemilu dan bisa pula sebaliknya. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
01:36
08:17
05:48
02:30
04:12
Viral