Perahu dan Sampah di Waduk Jatigede Sumedang.
Sumber :
  • Lutfi Setia Rafsanjani

Lautan Sampah di Waduk Jatigede Sumedang, Warga: Pemerintah Turun Tangan, dong

Jumat, 17 Desember 2021 - 09:53 WIB

Sumedang, Jawa Barat - Warga yang mencari nafkah di Waduk Jatigede, Blok Cibungur, Kecamatan Darmaraja, Kabupaten Sumedang, mengeluhkan banyaknya sampah yang memenuhi permukaan airnya. Lautan sampah itu mengakibatkan berkurangnya pengunjung, sehingga mereka kesulitan mendapat penghasilan. Mereka meminta pemerintah daerah setempat untuk turun tangan mengatasi lautan sampah di Waduk Jatigede.

Lautan sampah mengotori Waduk Jatigede selama sebulan belakangan. Berbagai jenis sampah mulai dari plastik, limbah rumah tangga, kayu, dan bambu memenuhi pesisir waduk. Padahal tempat ini menjadi salah satu tujuan wisata di Sumedang.

Asep, pemilik perahu wisata di Waduk Jatigede mengatakan, selama musim hujan sampah terbawa arus Sungai Cimanuk dan menumpuk di waduk. Namun sejak itu pula tidak ada petugas kebersihan.

"Setiap hari sampah bertambah terus. Yang bersih-bersihnya cuma orang-orang ini saja, enggak ada yang lain," kata Asep.

Dia heran mengapa pemerintah setempat tidak menugaskan siapapun untuk membersihkan waduk.

"Gimana caranya biar pemerintah turun tangan? Ibaratnya untuk masalah kebersihan kok ini dibiarin," ujarnya menambahkan.

Dia berharap masyarakat peduli dengan lingkungan dengan tidak membuang sampah ke sungai. Dia juga ingin pemerintah turut aktif menjaga kebersihan alam.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
16:05
02:17
00:55
03:29
12:48
02:03
Viral