Sampah di Pesisir Waduk Jatigede, Sumedang.
Sumber :
  • YouTube Wild Water Indonesia

Lautan Sampah Waduk Jatigede akan Dibersihkan, Pemkab Sumedang Kerja Sama dengan BBWS Cimanuk

Sabtu, 18 Desember 2021 - 12:28 WIB

Sumedang, Jawa Barat - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang, Jawa Barat, akan segera membersihkan sampah yang memenuhi permukaan pesisir Waduk Jatigede. Tempat penampungan air di Sumedang itu viral karena berubah seperti lautan sampah.

Waduk Jatigede, Sumedang, bak lautan sampah karena berbagai limbah bermuara di tempat itu. Wild Water Indonesia mengunggah video keadaan waduk itu ke media sosial sehingga viral.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir merespon keluhan warga yang tidak nyaman dengan banyaknya sampah tersebut. Dia menuturkan lautan sampah di Waduk Jatigede merupakan peristiwa tahunan.

"Memang selama ini ketika musim hujan sampah yang datang dari aliran sungai ini dari hulu ke hilir, hulunya ada di beberapa kabupaten kemudian masuk melalui Sungai Cimanuk, kemudian masuk ke Jatigede dan ini sampah sangat banyak," kata Dony, Sabtu (18/12/2021). Hulu Sungai Cimanuk berada di Kabupaten Garut. 

Dony menyatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk Sanggarung untuk mengerahkan alat berat.

"Insya Allah pemda sudah berkoordinasi dengan yang memiliki kewenangan waduk, BBWS. Dan kami sudah mengirimkan permintaan, yang pertama BBWS akan memobilisasi alat beratnya, kemudian kami pemda akan memobilisasi massa nya," tambah dia.

Pemkab Sumedang juga akan berkomunikasi dengan Pemkab Garut untuk mengatasi masalah ini.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
16:05
02:17
00:55
03:29
12:48
02:03
Viral