Kristian Hansen.
Sumber :
  • Tim tvOne/Jamil

Viral Aksi Bule Perbaiki Jembatan Warga di Wakatobi Tuai Pujian, Alasan Kades Kecewa: Nggak Koordinasi Dulu

Senin, 1 Juli 2024 - 17:53 WIB

Wakatobi, tvOnenews.com - Aksi Kristian Hansen, bule asal Denmark, memperbaiki jembatan rusak di kampung Bajau di Desa Samabahari, Kecamatan Kaledupa, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, menuai pujian. Ia berhasil menggalang dana Rp75 juta dalam waktu 24 jam melalui media sosial.

Dalam video di akun media sosialnya bule asal Denmark bernama Kristian Hansen yang juga seorang youtuber membagikan pengalamannya saat berkunjung di sebuah kampung nelayan suku bajau bernama Dusun Pagana, Desa Samabahari, Kecamatan Kaledupa, Kabupaten Wakatobi. Dalam video tersebut terlihat Kristian memperlihatkan kondisi jembatan titian yang menghubungkan rumah-rumah warga di dusun tersebut dalam kondisi memprihatinkan.

Kristianpun disambut dengan kalimat hati-hati lantaran kondisi jembatan yang rusak parah dengan banyaknya celah pada jembatan yang dapat membahayakan siapapun yang melintas di atasnya. Jembatan yang sudah berusia 10 tahun itu menjadi satu-satunya akses warga dalam beraktivitas sehari-hari, bahkan tidak jarang ada saja warga yang terjatuh hingga terluka. Kristian pun menggalang donasi hingga terkumpul dana sebesar Rp 75 juta rupiah, semua warga sepakat untuk memperbaiki jembatan dengan gotong royong.

Setelah semua kayu yang dibutuhkan sudah terkumpul, semua warga dusun mulai dari anak-anak hingga orang tua bahu membahu memperbaiki jembatan, sementara para gadis dan kaum ibu menyiapkan makanan untuk warga. Jembatan yang telah rusak bertahun-tahun itu akhirnya dapat dituntaskan hanya dalam waktu sehari.

Semua wargapun tersenyum bahagia melihat hasil gotong royong mereka bersama Kristian. Aksi memperbaiki jembatan ini kemudian diunggah Kristian ke akunt media sosialnya hingga viral. Sontak aksi bule asal Denmark ini menuai pujian dari warga net. Para wargapun berterimakasih kepada Kristian yang telah membantu mereka memperbaiki jembatan.

Mirisnya pemerintah desa setempat malah menjadi geram setelah aksi bule tersebut viral. Kepala Desa Samabahari, Gamis, menuturkan jembatan tersebut belum dilakukan perbaikan oleh pemeritah desa karena masih layak digunakan hingga dua tahun kedepan, Sang kepala desapun menyatakan kekecewaannya terhadap bule asal Denmark tersebut.

"Yang dilakukan youtuber tersebut sangat-sangat mengecewakan karena perbaikan jembatan tersebut dilakukan tanpa sepengetahuan kami sebagai pemerintah desa, "ungkap Gamis, saat dikonfirmasi, Jumat (28/6/2024).

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:48
02:59
01:19
02:16
04:29
01:58
Viral