Hashim Djojohadikusumo mengungkapkan bahwa pemerintahan Prabowo tidak ingin dan tidak akan menaikkan utang negara tanpa menaikkan pendapatan..
Sumber :
  • Istimewa

Hashim Sebut Prabowo Tak akan Naikkan Utang Negara Tanpa Naikkan Pendapatan

Kamis, 11 Juli 2024 - 19:07 WIB

tvOnenews.com - Adik presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto, Hashim Djojohadikusumo mengungkapkan bahwa pemerintahan Prabowo tidak ingin dan tidak akan menaikkan utang negara tanpa menaikkan pendapatan.

Hal ini diungkapnya dalam wawancara di London kepada Financial Times. Ia yakin Indonesia dapat mempertahankan peringkat peringkat investasi jika pemerintah meningkatkan pendapatan negara.

“Idenya adalah menaikkan pendapatan negara dan kemudian menaikkan utang,” kata Hashim di London, dikutip Kamis (11/7).

Hashim pun mengatakan bahwa ia telah berdiskusi dengan Bank Dunia atau World Bank terkait pengelolaan utang yang bijaksana dan pruden bagi Indonesia, dan menurut Bank Dunia, 50% dari PDB untuk Indonesia masih pada level pengelolaan keuangan negara yang aman dan pruden.

Adapun jumlah itu masih di bawah batas utang yang telah ditetapkan yakni 60% PDB sesuai Undang-Undang (UU) Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara.

“Kami tidak ingin menaikkan tingkat utang tanpa meningkatkan pendapatan,” kata Hashim.

Menurut dia, kenaikan pendapatan negara itu dapat diperoleh dari berbagai sumber, seperti dari ekstensifikasi pajak, cukai, royalti dari pertambangan dan bea masuk.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
09:23
06:24
03:16
02:16
04:52
Viral