Profil Pelajar Pancasila adalah konsep pendidikan yang bertujuan untuk membentuk pelajar Indonesia yang berkarakter, berkompeten, dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila..
Sumber :
  • Istimewa

Profil Pelajar Pancasila: Membentuk Generasi yang Berkarakter dan Berkompeten

Rabu, 24 Juli 2024 - 18:56 WIB

tvOnenews.com - Profil Pelajar Pancasila adalah konsep pendidikan yang bertujuan untuk membentuk pelajar Indonesia yang berkarakter, berkompeten, dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. 

Anitawati selaku Pengembang Kurikulum, menyatakan ada empat cara untuk menerapkan Profil Pelajar Pancasila di satuan pendidikan.

"Terintegrasi dengan intrakurikuler, terintegrasi dengan ekstrakurikuler, dikuatkan dengan kokurikuler yang kita sebut dengan projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5), dan sustainable di budaya sekolah," jelasnya seperti dilansir dari siniar atau podcast Sapa Pendidikan yang tayang di kanal YouTube BSKAP Kemendikbudristek.

P5 bertujuan untuk memperkuat profil pelajar Pancasila dan menjadi standar kelulusan di sekolah. Anitawati mengatakan, pelaksanaan P5 dalam satuan pendidikan seharusnya dimulai dari segi muatan, kegiatan, dan alokasi waktu yang dilaksanakan secara fleksibel

"P5 harus terpisah dari intrakurikuler, tidak terkait dengan kompetensi atau muatan mata pelajaran intrakurikuler, dan pelaksanaannya di sekolah disesuaikan dengan kebutuhan serta harus menyenangkan bagi peserta didik," terangnya.

Anitawati menegaskan bahwa pelaksanaan P5 sendiri tidak bertujuan untuk menilai hasil akhir dalam bentuk produk, tapi ada hal lain yang lebih penting, yakni pembentukan karakter peserta didik.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:29
02:01
03:03
03:01
19:03
01:14
Viral