Ratusan warga di Kecamatan Krangkeng menerima sertifikat tanah dari Bupati Nina Agustina yang selama ini mereka nantikan..
Sumber :
  • Istimewa

Ratusan Warga Krangkeng Indramayu Sumringah, Bupati Nina Agustina Serahkan Sertifikat Tanah

Jumat, 26 Juli 2024 - 11:02 WIB

tvOnenews.com - Berkat kepedulian Bupati Nina Agustina, ratusan warga di Kecamatan Krangkeng Sumringah. Pasalnya, mereka menerima sertifikat tanah dari Bupati Nina Agustina yang selama ini mereka nantikan.

Penyerahan sertifikat dilakukan orang nomor satu di Indramayu itu, bertempat di Balai Desa Srengseng, Kecamatan Krangkeng, Kamis (25/7/2024), dengan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) kepada 510 warga Kecamatan Krangkeng.

Bupati Nina Agustina mengatakan, sertifikasi tanah melalui program PTSL ini merupakan wujud pelaksanaan kewajiban pemerintah untuk menjamin kepastian dan perlindungan hukum atas kepemilikan tanah masyarakat. Selain itu nantinya masyarakat yang telah mendapatkan sertifikat dapat menjadikan sertifikat tesebut sebagai modal pendampingan usaha yang berdaya dan berhasil guna bagi peningkatan kesejahteraan hidupnya.

Nina menambahkan, belum adanya jaminan kepastian hukum atas tanah seringkali memicu terjadinya sengketa dan perseteruan atas lahan yang dimiliki.

“Konflik ini sering kali muncul di kalangan masyarakat, baik antar keluarga, tak jarang sengketa lahan juga terjadi antar pemangku kepentingan sepeti pengusaha, BUMN dan pemerintah. Hal itu membuktikan pentingnya sertifikat tanah sebagai tanda bukti hukum atas tanah yang dimiliki,” papar Nina.

PTSL sendiri merupakan proses pendaftaran tanah untuk pertama kali, yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua objek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah desa, atau kelurahan, atau nama lainnya yang setingkat dengan itu. Melalui program ini, pemerintah memberikan jaminan kepastian hukum atau hak atas tanah yang dimiliki masyarakat.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:29
02:01
03:03
03:01
19:03
01:14
Viral