Sendi Fardiansyah.
Sumber :
  • IST

Survei IPS: Hanya Sendi Fardiansyah yang Potensial Kalahkan Dedie Rachim di Pilwakot Bogor

Rabu, 21 Agustus 2024 - 21:14 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Sendi Fardiansyah punya potensi kuat untuk bisa mengalahkan Dedie Rachim dalam kontestasi politik lima tahunan di Pilwakot Bogor pada November 2024 nanti. Sendi dinilai memiliki trend elektabiltias yang terus naik meski masih dibawah Dedie Rachim.

Analisis itu disampaikan Direktur Riset Indonesian Presidential Studies (IPS), Arman Salam kepada pers di Bogor, Rabu (21/8), menanggapi peluang sejumlah kandidat potensial yang akan bertarung di Pilwakot Bogor.

“Dari hitungan sementara base on data, memang ada tiga kandidat potensial, yaitu Dedie Rachim, Sendi Fardiansyah dan dokter Reyendra. Namun, jika dilihat dari trendnya, hanya Sendi yang punya potensi kuat bisa mengalahkan Dedie Rachim yang sudah memimpin elektabilitas dari awal,” katanya, Rabu (21/8/2024).

Menurut Arman, trend itu penting dalam melihat peluang seorang kandidat. Dari data yang ada, Dedie Rachim sendiri sebenarnya punya trend yang stagnan. Sementara, dokter Rayendra, trendnya sudah mulai menurun.

Dari pengalaman selama ini, kata Arman, calon yang punya trend turun itu biasanya akan  turun terus. Sebaliknya, calon yang punya trend naik akan naik terus. Jika merujuk pada data sejumlah lembaga survei, hanya Sendi yang punya trend naik. Dari sebelumnya, masih dibawah 10%, sekarang sudah mepet Dedie Rachim di angka sekitar 20 an persen. 

“Ini kenaikan yang siginifikan. Jika bagaimana Sendi memilih calon wakil yang bisa mengisi bolong dirinya. Idealnya, juga calon wakil yang punya elektabilitas. Agar posisinya semakin kokoh. Kenapa? Karena PR besar nya harus mengejar posisi Dedie Rachim,” ungkapnya.

Dalam pengamatannya, lanjut Arman, Sendi punya potensi besar untuk bisa menyalip Dedie Rachim lebih karena kekuatan personal figurnya. Dia punya bahan disukai sebagai modal penting orang memilih. Dia figur muda yang dipersepsi baik, santun, peduli dan merakyat. Disamping muncul juga persepsi cerdas kepada dia.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
10:31
01:52
01:42
02:09
03:10
Viral