Adegan Kericuhan Simulasi Pengamanan Pilkada Di Purworejo.
Sumber :
  • IST

Polres Purworejo Gelar Simulasi Sispamkota Jelang Pilkada Serentak 2024 

Rabu, 21 Agustus 2024 - 21:53 WIB

Purworejo, tvOnenews.com - Polres Purworejo menggelar simulasi sistem pengamanan kota (sispamkota) dalam rangka persiapan pengamanan Pilkada 2024 pada Rabu (21/8/24) di Terminal Lama Purworejo di Desa Candisari, Banyuurip, Purworejo.

Adapun jumlah personel yang diterjunkan antara lain personel Polres Purworejo sebanyak 350 personel, anggota brimob 100 personel, serta unsur pemadam kebakaran dan TNI sebanyak 50 orang.

Kapolres Purworejo AKBP AKBP Edy Bagus Sumantri menjelaskan bahwa Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) dirancang untuk mengelola dan mengamankan pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada)

“Tujuan utama dari simulasi ini adalah agar seluruh personel mengetahui apa saja yang harus dilaksanakan dalam menangani rangkaian kegiatan proses pilkada untuk mewujudkan proses pemilu berlangsung dengan lancar, aman, dan sesuai dengan aturan yang berlaku,” ujar Kapolres Edy.

Ada beberapa peragaan yang dilaksanakan dalam simulasi ini seperti Pengendalian Massa (Dalmas) Dalmas awal, Dalmas lanjut, Negosiator, dan Pengendalian Massa (PHH) dari Satuan Brimob yang terlibat. Personel dilatih untuk menghadapi potensi gangguan selama tahapan pemilu, termasuk pendistribusian logistik, masa kampanye, pemungutan suara, hingga penetapan pemenang.

“Kami telah memetakan setiap potensi kerawanan yang ada. Titik-titik rawan ini menjadi fokus utama dalam kegiatan pengamanan kami, “ ucap Kapolres.

Kemudian, terjadilah sebuah protes dari warga yang berujung pada kericuhan dan ujuk rasa warga. Para personel bergerak dan terjun langsung membendung pengunjuk rasa yang mencoba melakukan tindakan anarkis.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
10:31
01:52
01:42
02:09
03:10
Viral