Ilustrasi..
Sumber :
  • Antara

Indonesia, Salah Satu Negara dengan Pemain Video Game Terbanyak

Jumat, 23 Agustus 2024 - 11:10 WIB

tvOnenews.com - Dengan lebih dari 215 juta (78,19 persen) pengguna internet, Indonesia menjadi surga konsumen aplikasi permainan (games). Hal itu juga didukung oleh lamanya waktu yang digunakan orang Indonesia dalam bermain internet, yakni 8,5 jam per hari. Sehingga, Indonesia kini menjadi salah satu negara dengan pemain video game terbanyak.

Dosen Komunikasi Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta Waryani Fajar Riyanto, mengungkapkan hal tersebut saat menjadi narasumber dalam webinar literasi digital untuk segmen pendidikan yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkomifo) RI besama Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, di Kabupaten Lamongan, Jumat (23/8).

Fajar mengatakan, era digital mengubah permainan tradisional fisik menjadi permainan dengan menggunakan sejumlah perangkat digital. Mengganti interaksi langsung di halaman dengan seperangkat gadget di tangan. Permainan digital hanya fokus pada mata, tangan, dan pikiran.

”Meski begitu, perlu sikap bijak dalam melakukan permainan digital (games). Pilih game edukatif, hindari game yang mengandung unsur kekerasan atau konten negatif,” tutur Waryani Fajar Riyanto dalam diskusi yang dipandu moderator Anissa Rilia itu.

Bijak bermain game, lanjut Fajar, juga berarti mampu membatasi waktu bermain dengan baik dan dapat mengambil pesan moral dari game yang dimainkan. ”Bisa berbagi waktu antara tugas dan hiburan, dan diskusikan pesan moral yang dapat diambil dari game yang dimainkan,” imbuhnya.

Dalam webinar bertajuk ”Cakap Digital dengan Bijak Bermain Game” itu, Fajar menyebut kompetensi kecakapan digital membuat seseorang lebih bijak dan mampu mengeliminasi ancaman keamanan di dunia digital. Termasuk saat memainkan game dan bermedia sosial.

”Individu yang cakap bermedia digital untuk keamanan akun dinilai mampu mengetahui, memahami, dan menggunakan perangkat keras dan lunak dalam lanskap digital, mesin pencarian, aplikasi percakapan dan media sosial, dompet digital, lokapasar dan tansaksi digital,” urai Waryani Fajar Riyanto, memungkasi diskusi yang diikuti para pelajar dengan menggelar nonton bareng (nobar) dari sekolah masing-masing.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:08
10:31
01:52
01:42
02:09
03:10
Viral