Soroti Investasi Tak Sejahterkan Driver Ojol, PBHI Kawal Demo di Jakarta dan Banten.
Sumber :
  • Tim tvOne/Julio Trisaputra

Soroti Investasi Tak Sejahterkan Driver Ojol, PBHI Kawal Demo di Jakarta dan Banten Minta KPK Segera Bertindak!

Jumat, 30 Agustus 2024 - 00:51 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Perhimpunan Bantuan Hukum dan HAM Indonesia (PBHI) mendampingi dua demonstrasi besar-besaran pengemudi ojek online yang tergabung dalam Koalisi Ojol Nasional (KON) yang berpusat di Jakarta dan Aliansi Driver Online Bergerak (DOBRAK) di Banten, Kamis (29/8/2024)

Ketua PBHI Julius Ibrani mengatakan para driver ojol mendesak perbaikan kondisi kerja yang tidak manusiawi hingga kesejahteran dari perusahaan. 

Menurutnya, para driver ojol itu tidak mendapat hak yang layak, padahal mereka menjadi tulang punggung perusahaan.

"Ojol menjadi roda penggerak perekonomian, sebab mobilitas para pekerja maupun konsumsi rumah tangga serta distribusi UMKM kepada konsumen dilakukan oleh ojol. Celakanya peran penting pengemudi ojek online tersebut berkebalikan dengan kesejahteraan para pengemudi," kata Julius dalam keterangan tertulis, Kamis (29/8/2024).

Julius mengaku terkejut dengan investasi besar mencapai triliunan pada perusahaan ojol, bahkan salah satu perusahaan disuntik modal oleh BUMN hingga triliunan rupiah. 

Namun, kondisi tersebut tetap tak mengubah hidup para driver ojol.

"Persoalan kesejahteraan dan ketidakadilan serta rantai kerja perbudakan yang eksploitatif terus dialami pengemudi ojek online sangat kontradiktif dengan akumulasi modal/kapital yang didapatkan oleh para perusahaan aplikasi," ujarnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:20
01:23
01:57
02:27
04:33
01:28
Viral