Peringatan Gempa Megathrust Makin Jelas! Masyarakat Kepri Wajib Baca Panduan BMKG Agar Terhindar dari Bahaya Ini.
Sumber :
  • Tangkapan layar Instagram @infobmkg

Peringatan Gempa Megathrust Makin Jelas! Masyarakat Kepri Wajib Baca Panduan BMKG Agar Terhindar dari Bahaya Ini

Sabtu, 31 Agustus 2024 - 21:55 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - BMKG Stasiun Meteorologi Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau (Kepri) menyebut warga setempat tetap perlu memahami dan berlatih kesiapsiagaan menghadapi gempa bumi, meskipun wilayah tersebut aman dari gempa tektonik, seperti megathrust.

Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Hang Nadim Batam Andini mengatakan Kepulauan Riau, salah satu provinsi di Indonesia yang relatif aman dari gempa tektonik.

Meskipun demikian, masyarakat Kepri perlu berlatih kesiapsiagaan menghadapi bencana itu sebagai upaya pencegahan dan mitigasi gempa di wilayah setempat.

“Untuk wilayah Indonesia yang relatif aman dari gempa selain Kepulauan Riau, termasuk Kalimantan dan Bangka Belitung. Penyebabnya karena lokasinya jauh dari pertemuan lempeng tektonik,” katanya, Sabtu (31/8/2024).

Gempa bumi megathrust menjadi perbincangan di media sosial karena diprediksi mengguncang Indonesia dan berpotensi tsunami.

BMKG menilai rilis gempa di kedua segmen megathrust, yakni Selat Sunda dan Mentawai-Siberut, dapat dikategorikan tinggal menunggu waktu karena kedua wilayah tersebut sudah ratusan tahun belum terjadi gempa besar.

Meski menjadi perbincangan publik, pihaknya tidak banyak menerima pertanyaan dari masyarakat Kepri terkait dengan potensi megathrust, seperti terjadi di masyarakat wilayah lain.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:32
01:25
03:14
02:08
02:11
02:30
Viral