Ahmad Gunadi.
Sumber :
  • IST

Ahmad Gunadi Diprediksi Jadi Bintang Baru di Pilkada Barito Utara

Jumat, 6 September 2024 - 15:58 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Ahmad Gunadi Nadalsyah telah menjadi bintang baru sebagai calon bupati pada Pilkada Kabupaten Barito Utara 2024. Gunadi dinilai potensial memenangkan kontestasi politik lima tahunan di Barito Utara karena beberapa faktor dan alasan.

Demikian disampaikan Direktur Riset Indonesian Political Studies (IPS) Arman Salam kepada pers di Jakarta, Jumat (6/9). “Secara personal, Ahmad Gunadi lewat aneka program dan kegiatannya turun ke lapangan telah menjadikan dirinya sebagai bintang baru Barito Utara,” katanya.

Menurut Arman, karena posisinya yang sudah menjadi bintang baru tersebut, Gunadi juga dinilai punya peluang yang lebih besar untuk menang sebagai bupati Barito Utara periode berikutnya. Apalagi, jika Gunadi mampu mengkapitalisasi keberhasilan ayahnya, Nadalsyah sebagai bupati Barito Utara dua periode sebelumnya. 

Selain itu, kata Arman, peluang menang Gunadi juga tercermin dari data sejumlah lembaga survei yang sudah unggul cukup jauh meninggalkan kompetitor utamanya, Gogo Purman Jaya.

“Sejauh ini posisi elektabilitas Gunadi memang sudah 50% lebih. Karena hanya ada dua calon, dibawahnya tentu Gogo Purman Jaya yang harus tetap diwaspadai. Meskipun, sudah tertinggal jauh. Intinya tetap tak boleh lengah," ungkapnya.

Dalam analisa Arman, peluang Gunadi untuk menang juga tergambar dari variabel data survei lainnya. Yaitu, mulai dari dari dukungan aneka segmen demografis yang merata, termasuk dukungan setiap zona/dapil, sampai ke dukungan pemilih militan (strong supporter) yang cukup tinggi.  

Arman menjelaskan, dari pengalaman selama ini, bahwa pemilih yang berkategori strong supporter itu biasanya tak pernah goyah sampai hari H pemilihan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:32
01:25
03:14
02:08
02:11
02:30
Viral