Soal Kasus Kekerasan Seksual Anak hingga Tewas di Palembang, KPAI Minta Masyarakat Tak Sebarkan Identitas Pelaku.
Sumber :
  • Istimewa

Soal Kasus Kekerasan Seksual Anak hingga Tewas di Palembang, KPAI Minta Masyarakat Tak Sebarkan Identitas Pelaku

Jumat, 6 September 2024 - 19:50 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) meminta masyarakat dan media agar bijaksana dengan tidak menyebarluaskan identitas anak, baik korban, saksi, maupun pelaku atau anak berkonflik dengan hukum.

Anggota KPAI Dian Sasmita merespons kasus kekerasan anak hingga tewas di Palembang, yang diduga dilakukan pelaku yang masih di bawah umur.

"KPAI berharap masyarakat dan media dapat lebih bijaksana dengan tidak menyebarluaskan identitas anak dalam kasus hukum," kata Anggota KPAI Dian Sasmita saat dihubungi di Jakarta, Jumat (6/9/2024).

Dian Sasmita mengatakan perilaku pelanggaran hukum oleh anak perlu dilihat dari banyak aspek, terutama yang berpengaruh besar terhadap kehidupan mereka.

"Seperti lingkungan keluarga, sosial, serta pendidikan. Apakah anak terpapar dengan kekerasan, atau perilaku salah lainnya. Hal ini perlu ditelusuri," jelasnya.

 

KPAI menekankan dalam penanganan terhadap pelaku anak, dibutuhkan peran aktif dari Pembimbing Kemasyarakatan Balai Pemasyarakatan (PK Bapas) untuk menyusun penelitian kemasyarakatan dan peksos/pekerja sosial untuk laporan sosial, sehingga aparat penegak hukum mendapat gambaran lebih utuh terkait situasi anak.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:32
01:25
03:14
02:08
02:11
02:30
Viral