Tiket Pesawat Terpidana KPK Mardani Maming Beredar di Medsos, Ditjen Pas Angat Bicara.
Sumber :
  • istimewa

Ghufron Diminta Klarifikasi Isu Intervensi MA soal PK Mardani Maming

Rabu, 11 September 2024 - 10:19 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron dinilai perlu menjelaskan kepada publik terkait peninjauan kembali (PK) terpidana korupsi izin usaha pertambangan (IUP) Mardani H Maming. Ghufron diduga mengintervensi Majelis Hakim Mahkamah Agung (MA) soal PK Mardani Maming.

“Nurul Ghufron perlu memberikan penjelasan ke publik terkait beberapa isu publik yang mencuat mengingat telah dijatuhinya sanksi (pelanggaran etik) dari Dewan Pengawas KPK terhadap dirinya,” kata anggota Komisi III Taufik Basari, Jakarta, Rabu, 11 September 2024.

Tobas, sapaan akrab Taufik Basari, menilai penjelasan Ghufron ke publik soal kabar miring ini sangat diperlukan. Langkah ini dinilai dapat mengembalikan kepercayaan publik kepada KPK.

“Masyarakat perlu dipulihakan kembali kepercayaannya kepada KPK, karena itu jangan lagi ada isu yang tidak ditanggapi segera,” ujar dia.

Tobas menegaskan penjelasan Ghufron ini juga bagian dari tanggung jawab jabatan. “Ini adalah tanggung jawab jabatan yang juga harus dijalankan yakni bersikap transparan dan akuntabel,” ujar dia.

Politikus Partai NasDem itu juga berharap Majelis Hakim MA terbebas dari intervensi dan mampu bersikap independen dalam memutus PK yang diajukan Mardani H Maming.

“Kalau ini pasti (Majelis Hakim MA harus terbebas dari intervensi dan independen),” ujar dia.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:05
10:13
03:23
02:16
04:37
01:05
Viral