DN Aidit saat berpidato.
Sumber :
  • Istimewa

Dipersilahkan Sampaikan Pesan Terakhir, DN Aidit Malah Banyak Bicara dan Teriak-teriak, Langsung Didor Tanpa Ampun oleh Algojo

Sabtu, 14 September 2024 - 20:52 WIB

tvOnenews.com - Nama Dipa Nusantara Aidit atau DN Aidit cukup dekat kaitannya dengan Partai Komunis Indonesia (PKI) dimana dirinya terkenal sebagai salah satu tokoh penting di partai tersebut.

Selain itu, nama DN Aidit juga cukup erat kaitannya dengan peristiwa bersejarah G30S PKI. Dari berbagai keterangan, DN Aidit dinilai sebagai dalang dari peristiwa kelam G30s PKI.


Dipa Nusantara Aidit atau DN Aidit Sumber : Istimewa

Namun tak sedikit juga yang menyebut bahwa PKI hanyalah kambing hitam di peristiwa G30S PKI itu.

Di dalam PKI, pengaruh DN Aidit sendiri cukup besar di mana selain memimpin, Aidit juga terkenal memiliki kedekatan dengan Presiden Soekarno.

Masuknya PKI ke pusaran politik nasional membuat cita-cita revolusi menuju masyarakat komunis tak lagi menjadi agenda utama. 

Di bawah DN Aidit, kesuksesan PKI kala itu membuat banyak pihak cemburu. Salah satunya datang dari Angkatan Darat yang kala itu juga sangat berkuasa.

Peristiwa G30S PKI boleh jadi dipicu dari kabar burung yang mengatakan adanya sekelompok jenderal atau Dewan Jenderal yang hendak mengkudeta Presiden Soekarno. Hingga kini keberadaan Dewan Jenderal itu adalah misterius.


DN Aidit. (ist)

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:55
05:35
03:29
06:33
02:13
01:05
Viral