Gubernur Olly Dondokambey bersama jajarannya kala ziarah di makan mantan Gubernur HV Worang..
Sumber :
  • Istimewa

Rangkaian HUT Provinsi Sulut ke 60 Tahun 2024, OD Ziarah ke Makam Mantan Gubernur HV Worang

Sabtu, 21 September 2024 - 05:25 WIB

tvOnenews.com - Provinsi Sulawesi Utara akan genap berusia 60 tahun di 2024 ini. Tepat 23 September 1964, bumi nyiur melambai memproklamirkan diri jadi satu provinsi mandiri. Kini Sulut dipimpin Gubernur Olly Dondokambey didampingi Wagub Steven Kandouw (ODSK).

Tidak lupa dengan sejarah panjang Sulut, kemarin (17/9), Gubernur OD melakukan ziarah ke makam Hein Victor Worang, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Tontalete, Minut. Nampak Sekprov Steve Kepel bersama jajaran Kepala OPD Sulut turut mendampingi. Hadir juga Bupati Minut Joune Ganda dan Wabup Kevin William Lotulung.

Dalam rangkaian ulang tahun provinsi tahun ini, Gubernur OD menjadi inspektur upacara penghormatan dan tabur bunga di makam mantan Gubernur yang di tahun 1967 silam, menjadi Gubernur definitif pertama yang kala itu dijabat Brigjen HV Worang dengan jabatan Gubernur KDH Tkt 1 Sulawesi Utara tahun 1967-1978.

Di dalamnya ada doa bersama serta penghormatan pun peletakan serta tabur bunga di makam HV Worang, yang lahir 12 Maret 1919 di Tontalete dan meninggal di Jakarta, 3 Februari 1982. Bahkan tersemat kata-kata bung Karno, 'Jangan sekali kali meninggalkan sejarah. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya'.

Diketahui sebelumnya, dalam rangka ulang tahun provinsi Sulut, ziarah juga telah dilakukan ke makam pemimpin terdahulu. Pada 11 September lalu, dilakukan ziarah ke makam mantan Gubernur Abdullah Amu dan makam mantan Wakil Gubernur Hasan Abas Nusi, di TMP Pentadio, Pekuburan Keluarga Pulu Bala, Kecamatan Kota Tengah, Gorontalo. Yang dipimpin plt Asisten 2 bidang Perekonomian dan Pembangunan Tahlis Gampang didampingi Karo Kesra Fereydy Kaligis.

Juga pada 13 September 2024 lalu, dilaksanakan ziarah ke makam mntan Wakil Gubernur Abdullah Mokoginta, di desa Bilalang II, Kotamobagu. Dipimpin Kepala Dinas PMD Darwin Muksin yang kini menjabat plh penjabat Bupati Bolmut.(chm)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:11
11:12
01:42
08:26
02:22
03:19
Viral