Prof. Dr. Ir. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng..
Sumber :
  • Istimewa

Prof. DR. Ir. Heri Hermansyah, S T., M.ENG., IPU Terpilih Sebagai Rektor Universitas Indonesia Periode 2024-2029

Senin, 23 September 2024 - 17:20 WIB

tvOnenews.com - Universitas Indonesia (UI) memilih Prof. Dr. Ir. Heri Hermansyah, S.T., M.Eng., IPU sebagai Rektor UI Periode 2024–2029. Pengumuman Rektor UI Terpilih dilaksanakan seusai “Debat Publik Tiga Calon Rektor UI Periode 2024–2029” pada hari ini, Senin (23/9), di Balai Sidang UI Kampus Depok. 

Prof. Heri memperoleh 18 suara dari total 23 suara yang diberikan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi—yang saat itu diwakilkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris—dan 15 Anggota Majelis Wali Amanat (MWA) UI. Kelima belas Anggota MWA UI tersebut adalah Dr. (HC) KH Yahya Cholil Staquf; Prof. Dr. Ir. Praswasti PDK Wulan, M.T.; Dr. (HC) Noni Sri Ayati Purnomo, B.Eng., M.B.A.; Dr. Muh. Yusuf Ateh, Ak., MBA, CSFA, CGCAE; Dr. Ir. Setia N Miliatia Moemin, MBA; Ir. Irfan Setiaputra; Dr. Dany Amrul Ichdan, S.E., M.Sc.; Prof. Dr. Tri Hayati, S.H., M.H.; Prof. Dr. Amy Yayuk Sri Rahayu, M.Si.; Dr. Enie Novieastari, S.Kp., M.S.N.; Prof. Drs. Heru Suhartanto, M.Sc., Ph.D.; Prof. Dr. Bambang Wibawarta, S.S., M.A.; Prof. Dr. Budi Frensidy, S.E., Ak., M.Com., CPA; Tikka Anggraeni, M.Si., CPR; dan Muhammad Zahid Abdullah.

Prof. Heri yang menerima tongkat estafet kepemimpinan ini mengatakan bahwa untuk memajukan UI, tidak bisa hanya dilakukan oleh Superman, tetapi oleh super team. 

“Kita semua, semua stake holder UI, baik yang ada di kampus maupun di luar kampus, mari bersama-sama bergandeng tangan untuk memajukan UI seperti yang dinginkan. Mari kita buat UI berdampak, bereputasi, berkontribusi bagi kejayaan bangsa ini, sehingga UI tidak hanya menjadi universitas terkemuka, tetapi juga universitas penggerak untuk memajukan bangsa ini,” ujarnya.

Proses panjang Pemilihan Rektor (Pilrek) UI Periode 2024–2029 telah berlangsung sejak Juli 2024. Pada Debat Publik Tiga Calon Rektor UI, Prof. Heri bersaing dengan dua kandidat lainnya, yaitu Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD, K-GEH, MMB dan Teguh Dartanto, Ph.D. Ketiganya mempresentasikan rencana masing-masing terkait pengembangan universitas dan solusi yang ditawarkan untuk menjawab tantangan utama yang akan dihadapi UI ke depannya.

Debat Publik Tiga Calon Rektor UI dibagi dalam dua segmen. Pada Segmen 1, para calon rektor mempresentasikan visi misi dan program kerja, dilanjutkan dengan pertanyaan yang ditanggapi masing-masing calon. Sementara itu, pada Segmen 2, setiap calon mendapat tiga pertanyaan yang sama dari MWA UI, yang mencakup peran UI sebagai kampus yang inklusif dan menghargai keberagaman, pengembangan UI melalui inovasi dan kreativitas, serta tanggung jawab UI dalam memajukan bangsa dan negara.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:43
02:42
04:15
00:55
01:03
01:44
Viral