Tok! Gerindra Usung Andra Soni-Dimyati Kusumah Maju Pilgub Banten 2024, Ahmad Muzani Klaim Banyak Partai Bakal Bergabung.
Sumber :
  • istimewa

Pilkada Banten 2024, Andra Soni Janjikan Duit Rp300 Juta Per Desa Bila Jadi Gubernur Banten

Senin, 7 Oktober 2024 - 10:03 WIB

Serang, tvOnenews.com - Andra Soni, Cagub Banten pada pilkada Banten2024, lahir dari keluarga petani desa di Payakumbuh, Sumatera Selatan (Sumsel). Dia mengetahui bagaimana sulitnya kehidupan di desa. Bahkan orangtuanya kerap kehabisan uang untuk membiayai keperluan keluarganya.

Lahir pada 12 Agustus 1976, Andra Soni lahir dari keluarga petani desa dan sejak kecil harus menjalani hidup yang berat. Mulai kesulitan ekonomi, pendidikan hingga kesehatan.

Orangtuanya seorang petani desa dengan penghasilan yang hanya cukup untuk membeli makan keluarga. Pada suatu waktu, uang yang dihasilkan orangtua dari bertani tak lagi mencukupi keluarga. Sehingga, orangtua Andra memutuskan merantau ke Pekanbaru, Provinsi Riau menjadi seorang kuli bangunan. Andra yang saat itu masih berusia balita ikut dibawa.

Karena penghasilan kuli bangunan tak juga cukup menghidupi keluarga, orangtua Andra memutuskan menjadi tenaga kerja Indonesia (TKI) ke Malaysia menjadi buruh tani di kebun sawit. 

Keputusan ini teramat berisiko diambil, karena orangtua Andra berangkat secara ilegal dan harus secara diam-diam berangkat. Perjalanan ke Negeri Jiran pun ditempuh dengan menyeberangi Selat Malaka.

Sebuah perjalanan yang dikenang Andra sebagai pengalaman antara hidup dan mati. Di Malaysia, meski berstatus ilegal pemerintah setempat tetap memberikan kesempatan kepada anak TKI untuk mengenyam pendidikan.

Hingga ke bangku SMP hingga SMA, dia harus dibiayai kakaknya dan orang lain yang akhirnya menjadi orang tua angkatnya, Raden Muhidin Wiranata Kusuma, putra dari Raden Aria Adipati Wiranata Kusuma, Menteri Dalam Negeri Indonesia pertama. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:03
02:13
07:05
11:22
01:49
01:32
Viral