Sudah Mencapai 62,5 Persen, Bappenas Sebut Masih Ada Beberapa Target SDGs yang Perlu Dikejar.
Sumber :
  • Antara Foto

Sudah Mencapai 62,5 Persen, Bappenas Sebut Masih Ada Beberapa Target SDGs yang Perlu Dikejar

Selasa, 8 Oktober 2024 - 09:26 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Staf Ahli Bidang Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Pungkas Bahjuri Ali menjelaskan sejumlah target Sustainable Development Goals (SDGs), yang sudah tercapai saat ini dan masih harus dikejar.

Saat ini, capaian SDGs di Indonesia sebesar 62,5 persen dari 222 indikator SDGs yang telah on track, dan masih terdapat 29,5 persen indikator yang off track karena stagnan, bahkan memburuk. 

"Ada beberapa target yang sudah progresnya sangat baik, tapi ada beberapa target yang ketinggalan sangat jauh, dan variasi antara kota, kabupaten, dan provinsi juga sangat-sangat tinggi," ucapnya yang juga menjabat sebagai Kepala Sekretariat Nasional SDGs Pungkas Bahjuri Ali dalam acara SDGs Annual Conference 2024 di Jakarta, Senin (7/10/2024). 

Beberapa target yang telah tercapai cukup baik berkaitnan dengan penurunan tingkat pengangguran terbuka, rasio gini, indeks kualitas udara yang membaik,sertperempuan usia kawin pertama di bawah umur 18 tahun atau nikah muda kian berkurang. 

Namun, beberapa indikator yang tertinggal menurut Bahjuri Ali ialah akses terhadap sanitasi aman belum memadai karena masih banyak rumah tangga buang air besar sembarangan.

Kemudian banyak penduduk dewasa tak mendapatkan pendidikan formal, akibatnya cukup perlu untuk diberikan akses ke perguruan tinggi terutama bagi kelompok perempuan dan rentan, pendidikan vokasi untuk mempersiapkan kebutuhan tenaga kerja, hingga inovasi pembelajaran jarak jauh dan teknologi dalam rangka menutupi kesenjangan pendidikan antara kota dengan desa.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
08:24
03:29
13:19
08:18
01:23
Viral