Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) berupaya meningkatkan kompetensi tim penyelamat..
Sumber :
  • Istimewa

Bidik Pelatihan NVG, Kepala Basarnas Ingin Optimalkan Night Flight Operations Search and Rescue

Selasa, 15 Oktober 2024 - 07:28 WIB

tvOnenews.com - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) berupaya meningkatkan kompetensi tim penyelamat. Salah satunya, dengan keahlian night vision google (NVG).

"Itu program saya selanjutnya, ke depan upgrade untuk night flight operations search and rescue," kata Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Kusworo, dalam keterangannya, Senin  14 Oktober 2024.

Menurut Kusworo, peningkatan kompetensi itu dibutuhkan. Sebab, saat ini aktivitas penyelamatan dan evakuasi terbatas hanya siang hari, karena kemampuan belum memadai.

Untuk mencapai spesifikasi tersebut, pihaknya terlebih dahulu fokus memberi pelatihan ke penerbang Helikopter AW-139. Karena, mereka merupakan salah satu ujung tombak pencarian dan pertolongan saat malam.

Hal itu dikatakan Kusworo, saat mengunjungi ACE Training Centre di Sydney. Pihaknya berkolaborasi dengan pusat pelatihan itu untuk mengembangkan kemampuan personel karena ACE Training Center merupakan salah satu lembaga pelatihan terkemuka yang direkomendasikan oleh pabrikan heli AW-139 Leonardo. 

"Kolaborasi dengan ACE ini akan sangat penting untuk pelatihan terkait kedaruratan," ujar Kabasarnas.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:55
01:09
03:04
01:55
02:56
06:40
Viral