LSI Dennya JA.
Sumber :
  • IST

Survei LSI : Warga ingin Pemimpin Bebas Korupsi, Suara ASR Hugua Kokoh Teratas

Rabu, 23 Oktober 2024 - 19:39 WIB

Kendari, tvOnenews,com - Menjelang Pilkada 2024, salah satu kriteria calon gubernur yang dianggap paling penting bagi masyarakat Sulawesi Tenggara (Sultra) adalah bersih dari isu korupsi. Menurut survei, sebesar 94.2 % masyarakat menyatakan sangat setuju atau cukup setuju bahwa calon gubernur harus bersih dari korupsi. Hanya 2.2 % saja yang menyatakan tidak setuju. Dan sisanya tidak menjawab atau tidak tahu.  

Persetujuan terhadap calon gubernur yang bersih dari korupsi merata di semua segmen masyarakat. Baik mereka yang laki-laki maupun perempuan, pemilih muslim maupun non muslim, pendidikan tinggi maupun rendah, dan mereka yang wong cilik maupun mereka yang berekonomi mapan.

"Di pemilih laki-laki yang menyatakan setuju pemimpin harus bersih dari korupsi sebesar 94.1 %, dan di pemilih perempuan, mereka yang menyatakan setuju sebesar 94.3 %. Di pemilih Islam mereka yang menyatakan setuju pemimpin harus bebas dari korupsi sebesar 94 %, sementara di pemilih non Islam, mereka yang menyatakan setuju sebesar 97.6 %," jelas Peneliti Senior LSI Denny JA Adjie Alfaraby, Rabu (23/10/2024)..

Dari sisi pendidikan, data LSI Denny JA menunjukan bahwa semakin tinggi tingkat pendidikan semakin tinggi pula persetujuan mereka terhadap calon pemimpin yang bebas dari korupsi. Di pemilih yang hanya lulus SD, yang menyatakan setuju pemimpin harus bersih dari isu korupsi sebesar 92 %, sementara di kelompok terpelajar, mereka yang menyatakan setuju pemimpin harus bebas korupsi sebesar 96 %.

Di mereka yang berpendapatan rendah, atau yang disebut sebagai wong cilik, yang setuju dengan pemimpin bersih sebesar 91.1 %, dan di mereka yang berekonomi mapan yang setuju pemimpin harus bersih dari korupsi sebesar 96.8 %. Di segmen ekonomi menunjukan bahwa semakin tinggi tingkat ekonomi, semakin pula persetujuan mereka bahwa pemimpin itu harus bersih dari korupsi.

Mengapa kriteria pemimpin yang bersih dan bebas dari korupsi menjadi kriteria penting bagi masyarakat Sultra menjelang pilkada 2024? LSI Denny JA menemukan bahwa ada 3 (tiga) alasan:
Alasan Pertama, mayoritas menilai bahwa kondisi ekonomi mereka tidak membaik. Survei menanyakan kepada responden apakah mereka merasakan kondisi ekonomi mereka membaik, sama saja, atau lebih buruk dibandingkan kondisi ekonomi mereka tahun-tahun sebelumnya. Mereka yang menyatakan kondisi ekonomi mereka memburuk atau stagnan totalnya sebesar 61.9 %. Dan hanya sebesar 38 % saja yang merasakan kondisi ekonominya membaik.

Memburuknya kondisi ekonomi membuat masyarakat Sultra akan makin selektif dalam memilih pemimpinnya. Tentunya mereka berharap bahwa pemimpin pemerintahan selanjutnya dapat membantu mereka untuk bisa memperbaiki kondisi ekonominya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:45
03:09
02:02
00:54
01:36
03:47
Viral