Kereta Cepat Woosh.
Sumber :
  • IST

Pengamat Sesalkan Stasiun Kereta Cepat Woosh Karawang Belum Beroperasi, Potensi Besar Perekonomian Jadi Terhambat

Selasa, 29 Oktober 2024 - 00:19 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Pengamat ekonomi, Meidina Sulaeman mengungkap potensi besar perekonomian bisa terwujud ketika stasiun kereta cepat Woosh Karawang bisa beroperasi.

Sebelumnya, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) telah merampung pembangunan seluruh stasiun kereta api Woosh. 

Namun, dari 4 stasiun yang dibangun, hanya stasiun Karawang yang belum difungsikan, meskipun pembangunan secara konstruksi serta fasilitas telah diselesaikan.

"Karawang sebagai kota industri terbesar di Asia Tenggara membutuhkan infra struktur yang terintegrasi. Bukan hanya pabrik dan hunian, juga dukungan moda transportasi modern yang baik,” jelas dia dalam keterangan yang diterima, Senin (29/10/2024).

Dia lantas mengusulkan para pihak terkait, baik dari Kementrian PU, Jasa Marga, Pemerintah Daerah dan swasta untuk segera merealisasikan akses menuju stasiun KCIC Karawang.

“Ini potensi income buat KCIC yang katanya merugi. Potensi penumpang Jakarta -  Karawang tinggi. Selain itu multiplier effect- nya luar biasa. Bukan hanya soal waktu tempuh lebih pendek, tapi akan menstimulus perkembangan ekonomi, peningkatan harga properti dan kegiatan ekonomi lokal,” tambahnya.

Keluhan juga disampaikan Kania, Direktur perusahaan asing sebuah kawasan industri internasional di Karawang. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:09
11:50
04:33
15:04
08:48
02:04
Viral