Razia Rutan.
Sumber :
  • Khumaidi

Razia Rutan Medaeng Sidoarjo, Petugas Sita Ratusan Barang Terlarang

Minggu, 3 Oktober 2021 - 06:35 WIB

Sidoardjo, Jawa Timur - Ratusan petugas keamanan gabungan dari Satops Permasyarakatan Korwil Surabaya, dan Dirjen Permasyarakatan Kemenkumham RI, mendadak menggelar razia di Rutan Medaeng, Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu malam (2/10).

Dalam razia kali ini, ratusan barang terlarang, mulai dari gunting, korek api, hingga handphone, berhasil diamankan dari dalam blok kamar tahanan.

Razia ini dilakukan dalam upaya penertiban terhadap tahanan dan narapidana penghuni rumah tahanan. Tiga blok tahanan, yang dikenal sebagai blok tahanan narkoba, yang dipenuhi warga binaan rutan menjadi sasaran utama razia. Razia kali ini sempat mengejutkan penghuni rutan.

Sebagian besar dari warga binaan yang sedang istirahat malam terpaksa dibangunkan oleh petugas untuk dilakukan penggeledahan tubuh dan ruangan blok tahanan.

"Kami tidak menutup-nutupi dan tidak memberikan fasilitas apapun kepada warga binaan, terutama barang-barang terlarang," ujar Wahyu Hendrajati, Karutan Medaeng.

Hasilnya, dalam waktu kurang dari 2 jam, petugas berhasil mengamankan ratusan barang terlarang, mulai dari gunting, korek api, hingga handphone, yang ditemukan petugas di balik buku yang disimpan salah satu tahanan di dalam kamar tahanan. Seluruh barang terlarang yang diamankan, rencananya akan dimusnahkan.

Razia dadakan di dalam area Rutan Medaeng ini sengaja digelar, selain sebagai antisipasi penyebaran narkoba di dalam rutan, juga sebagai antisipasi terjadinya kebakaran, seperti yang terjadi di Tangerang beberapa waktu lalu. (med/ren/ade)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
08:48
02:04
04:21
03:36
02:10
10:29
Viral