Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi (kiri) dan Menlu Slovenia Tanja Fajon (kanan) bertemu di Ljubljana pada Rabu (26/6/2024).
Sumber :
  • ANTARA

Menlu Retno Apresiasi Slovenia yang Mengakui Palestina Sebagai Negara

Kamis, 27 Juni 2024 - 09:55 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi memberikan apresiasi dari Indonesia atas keputusan Slovenia untuk mengakui negara Palestina pada 4 Juni lalu.

“Saya sangat apresiasi bahwa Slovenia telah memutuskan untuk berada pada sisi sejarah yang benar. Hal ini menunjukkan kepemimpinan dan konsistensi Slovenia dalam menghormati hukum internasional dan Piagam PBB, termasuk untuk kasus Palestina,” kata Retno dalam transkrip pernyataan persnya, usai bertemu Menlu Slovenia Tanja Fajon di Ljubljana, Rabu (26/6/2024).

Menurut Retno, negara Slovenia secara konsisten menyerukan pentingnya gencatan senjata dan pentingnya kelancaran pemberian bantuan kemanusiaan.

Tak hanya itu, ia juga memuji Slovenia yang secara konsisten mendukung kerja badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA). Dan seperti yang dilakukan Indonesia, Slovenia telah menambah bantuannya kepada UNRWA.

“Slovenia saat ini duduk sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB. Dalam voting selama ini mengenai Palestina, Slovenia selalu memberikan vote yes,” tutur Menlu Retno.

Sama seperti Indonesia pula, Slovenia memutuskan memberikan advisory opinion di Mahkamah Internasional (ICJ) dan menjadi satu dari sedikit negara anggota Uni Eropa yang mengambil langkah tersebut.

Slovenia menjadi negara anggota PBB ke-145 dan negara anggota Uni Eropa ke-10 yang mengakui Palestina.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:45
09:41
01:36
03:04
01:08
01:06
Viral