Tampilan flightradar24 Ketika Sejumlah Pesawat Alihkan Rute.
Sumber :
  • Reuters

Sejumlah Pesawat Mengalihkan Rute Hindari Ukraina Pasca Serangan Rusia

Jumat, 25 Februari 2022 - 05:22 WIB

Ukraina - Beberapa jam setelah presiden Rusia, Vladimir Putin, mengumumkan operasi militer di wilayah timur Ukraina, wilayah udara Ukraina pada Kamis (24/2/2022) waktu setempat terlihat sepi.

Dalam situs FlightRadar24 yang direkam pada sekitar pukul 11:30 WIB, terlihat sejumlah pesawat mengalihkan rute penerbangan mereka dengan menghindari wilayah udara Ukraina.

Sebuah pesawat maskapai El Al yang melayani rute Tel Aviv – Toronto, terlihat memutar balik arah pesawat untuk keluar dari wilayah udara Ukraina, setelah adanya peringatan nagi para pilot (notice to airmen/ notam) yang memperingatkan bahwa wilayah udara Ukraina merupakan wilayah udara terlarang.

Selain maskapai Israel, pesawat milik maskapai asal Polandia, Lot Polish Airlines, yang melayani rute Warsawa – Kiev, juga kembali ke Warsawa pada saat yang bersamaan.

Pemerintah Ukraina mengatakan, pihaknya menutup wilayah udara Ukraina untuk penerbangan sipil karena berbahaya bagi para penumpang.

Keputusan tersebut disampaikan beberapa jam setelah adanya peringatan akan risiko terkena serangan di wilayah konflik. (reu/aryo/ade)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
03:55
05:35
03:29
06:33
02:13
Viral