Mantan Paus Emeritus Benediktus XVI.
Sumber :
  • Tim tvOne

Paus Emeritus Benediktus XIV Meninggal Dunia dalam Usia 95 Tahun di Vatikan City

Sabtu, 31 Desember 2022 - 17:26 WIB

Vatikan City, tvOnenews.com – Setelah dikabarkan kesehatannya memburuk, mantan Paus Emeritus Benediktus XVI meninggal dunia dalam usia 95 tahun di kediamannya di Vatikan City, Sabtu (31/12/2022).

Paus Emeritus Benediktus XVI memimpin Gereja Katolik selama kurang lebih delapan tahun, pada 2013, ia menjadi Paus pertama yang mengundurkan diri sejak Gregorius XII pada 1415.

Seperti dilansir AFP dan BBC, Sabtu (31/12/2022), kabar meninggalnya Benediktus ini diumumkan oleh juru bicara Vatikan, Matteo Bruni, dalam pernyataan terbaru.

"Dengan kesedihan, saya menginformasikan kepada Anda bahwa Paus Emeritus, Benediktus XVI, meninggal dunia hari ini pukul 09.34 di Biara Mater Ecclesiae di Vatikan," tutur Bruni dalam pernyataannya.

Benediktus menghabiskan masa-masa terakhirnya di Biara Mater Ecclesiae yang masih ada di lingkungan Vatikan. Kondisi kesehatannya diketahui rapuh selama beberapa tahun terakhir.

Kabar kesehatan Benediktus yang memburuk pertama kali diungkap oleh Paus Fransiskus dalam sebuah pertemuan umum di Vatican pada Rabu (28/12/2022).

Dalam kesempatan itu, Paus Fransiskus memaparkan pendahulunya itu sedang sangat sakit dan meminta seluruh hadirin untuk mendoakannya.

"Saya ingin meminta Anda semua memanjatkan doa khusus bagi Paus Emeritus Benediktus yang selalu menopang Gereja dalam ketenangannya. Dia sangat sakit," kata Fransiskus.

"Kami memohon kepada Tuhan untuk menghibur dan mendukungnya dalam kesaksian kasih bagi Gereja ini sampai akhir hayatnya," paparnya menambahkan.

Seorang juru bicara Vatikan, Matteo Bruni, kemudian mengonfirmasi bahwa kondisi Benediktus semakin memburuk gara-gara faktor usia "dalam beberapa jam terakhir".

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:05
00:46
07:41
01:47
02:11
01:37
Viral