Data Suhu Maksimum Harian Indonesia.
Sumber :
  • BMKG

Cuaca Hari Ini Panas, Ini Penjelasan BMKG

Selasa, 12 Oktober 2021 - 17:32 WIB

Jakarta - Hari ini tagar #panas menjadi salah satu trending di media sosial. Banyak netizen yang mengeluhkan cuaca panas yang terjadi pada hari ini. Menurut Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisikia (BMKG) suhu yang terjadi pada hari ini berkisar 34 hingga 36.4 Derajat Celcius.

"Bila melihat Peta Distribusi Suhu Udara berlaku tanggal 11-12 Oktober 2021, maka suhu berkisar 34 - 36.4 derajat Celcius. Suhu tertinggi dengan nilai 36.4 derajat Celcius terjadi di Aceh, Medan, Deli Serdang, Kertajati dan Sumbawa Besar," ujar Guswanto Deputi Bidang Metereologi BMKG kepada tvonenews.com, Selasa (12/10).

Lebih lanjut Guswanto menjelaskan bahwa cuaca panas yang terjadi karena hangatnya suhu di permukaan laut dan anomali suhu di muka laut.

"Cuaca panas (gerah) khususnya di Jakarta terjadi karena hangatnya suhu muka laut dan anomali suhu muka laut sehingga meningkatkan suplai uap air yang menyebabkan udara terasa lebih panas dan mudah berkeringat," jelas Guswanto.

Guswanto juga menerangkan bahwa cuaca panas atu gerah yang terasa akibat udara hangat yang terperangkap di dekat permukaan bumi.

"Awan - awan yang sudah terbentuk dari pagi hingga siang hari sehingga massa udara hangat yang seharusnya naik ke atmosfer yang lebih tinggi, akan terperangkap di lapisan bawah (dekat permukaan bumi) sehingga  udara terasa panas dan gerah," tandas Guswanto.

Suhu Jakarta sendiri berdasarkan data BMKG hari ini berkisar 35.2 derajat Celcius.(put)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:05
02:24
01:17
02:45
04:54
06:34
Viral