Ribuan Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) Demo di Kemnaker.
Sumber :
  • tvone

Ribuan Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) Demo di Kemnaker

Senin, 18 Oktober 2021 - 18:14 WIB

Jakarta - Ribuan Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) melakukan aksi long march menuntut kejelasan dibukanya kembali penempatan kerja di Korea Selatan. Mereka mendatangi kantor Ketenagakerjaan Republik Indonesia sejak pukul 09.00 WIB. 

Mereka mengawali aksi di depan gedung BP2MI sambil berorasi dan membawa poster dan menyanyikan yel-yel perjuangan. Para CPMI yang berasal dari seluruh Indonesia ini merupakan para calon pekerja migran program G to G Korea Selatan, yang sudah hampir dua tahun tidak ada kejelasan kapan dibukanya kembali penempatan kerja ke Korea Selatan oleh BP2MI dan Kemnaker RI.

Tuntutan Utama massa CPMI adalah, yakni kejelasan masa depan dan keberangkatan calon pekerja migran menuju Korea, yang disebut telah terhambat serta memakan waktu selama hampir dua tahun. Sebanyak 12 ribu calon pekerja migran telah memproses persyaratan keberangkatan pada tahun 2020 lalu, namun tidak dapat diberangkatkan karena adanya pandemi Covid-19. 

"...CPMI sudah memenuhi segala bentuk persyaratan, mulai dari Ujian EPS TOPIK, Tes Skill, Tes kesehatan, Preliminary Training serta Vaksinasi pun sudah dilaksanakan, namun tetap saja belum ada kejelasan akan nasib para CPMI," jelas Aziz Yuriyanto salah satu koordinator aksi. 

Namun, pemerintah telah memberikan janji akan memberangkatkan saat angka Covid-19 menurun. Hal ini berbanding terbalik dengan negara lain seperti Vietnam, Philipine, Thailand dan bahkan Timor Leste yang meski dengan kasus penambahan covid lebih tinggi di banding Indonesia, pemerintahnya berhasil meloby Korea Selatan untuk dapat menerima kembali para warganya untuk dapat bekerja kembali di Korea Selatan.(chm)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:25
07:09
03:29
03:25
01:03
03:12
Viral