Ilustrasi FIFA.
Sumber :
  • Antara

FIFA Resmi Coret Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Begini Reaksi PDIP

Kamis, 30 Maret 2023 - 12:58 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto angkat bicara terkait keputusan FIFA yang resmi mencoret Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2023.

Hasto menyayangkan keputusan FIFA mencoret Indonesia sebagai tuan rumah. Dia mengatakan sikap PDIP sejak awal mendukung Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Dia menuturkan sikap PDIP sejak awal hanya menolak kedatangan Timnas Israel.

“Apa yang kami sampaikan adalah hal yang fundamental guna menyuarakan kemanusiaan dalam hubungan antarbangsa dengan menolak kehadiran Israel serta potensi kerentanan sosial dan politik yang akan ditimbulkan oleh kehadiran Timnas Israel,” ujar Hasto dalam keterangan tertulis, Kamis (30/3/2023).

“Sikap kami ini sama dengan FIFA ketika mencoret Rusia dari babak playoff Piala Dunia, jadi ada presedennya,” sambungnya.

Menurut dia, penolakan PDII terhadap Timnas Israel itu bukan kehendak politis. Melainkan atas dasar kemanusiaan

Hasto menambahkan pihaknya telah berkomunikasi dengan pemerintah terkait penolakan itu sejak Agustus 2022.

“Kami bertemu dengan Menteri Luar Negeri dan beberapa bulan kemudian dengan Menteri Sekretaris Negara. Sikap kami muncul setelah Israel dipastikan lolos kualifikasi,” ujarnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:27
01:43
03:43
00:59
02:37
02:49
Viral