Kegiatan Peluncuran 58 buku dalam rangka Hari Jadi ke-58 Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) RI di Gedung Lemhanas, Jakarta Pusat, Sabtu (20/5/2023) yang dihadiri oleh Presiden RI ke-5, Megawati Soekarno Putri..
Sumber :
  • Istimewa

Buku Geopolitik Soekarno Karya Hasto Kristiyanto jadi Referens Tatanan Strategis, Taktis, dan Operasional

Sabtu, 20 Mei 2023 - 21:36 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto meluncurkan buku berjudul Geopolitik Soekarno pada kegiatan 'Peluncuran 58 buku dalam rangka Hari Jadi ke-58 Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) RI' di Gedung Lemhanas, Jakarta Pusat, Sabtu (20/5/2023). 

Guru Besar Universitas Pertahanan (Unhan) RI, Purnomo Yusgiantoro menilai buku Geopolitik Soekarno karya Hasto Kristiyanto dapat menjadi referensi dalam sejumlah hal.

"Saya berharap buku ini dapat digunakan sebagai referensi apakah itu tatanan strategis, taktis, operasional. Buku ini benar-benar sangat bermanfaat," katanya di Gedung Lemhanas, Jakarta, Sabtu (20/5/2023).

Purnomo menutrukan dalam menuliskan buku terseburt sang penulis mempelajari sosok Presiden RI pertama, Soekarno atau Bung Karno secara mendalam. 

Bahkan, sang penulis turut serta mengurai geopolitik sang Proklamator Republik Indonesia dengan dua perspektif sekaligus.

"Hasto seorang praktisi menekuni benar ajaran Bung Karno ini. Hasto melihat perspektif ajaran Bung Karno ini dari dua perspektif: eksternal (tata pergaulan internasional) dan internal yang terkait dengan falsafah bangsa ini dan trilogi pembangunan maka itulah disebut coexistence, hal yang sifatnya seimbang," katanya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:28
00:40
01:47
01:34
03:44
02:58
Viral