Warga terdampak banjir tengah membersihkan barang-barang yang terendam air.
Sumber :
  • Tim tvOne/Kadek Sugiarta

Kerusakan Hutan dan Tingginya Curah Hujan, 64.824 Jiwa di Kabupaten Gorontalo Terdampak Banjir

Jumat, 5 November 2021 - 16:12 WIB

Kabupaten Gorontalo – Tingginya curah hujan di 25 Desa yang tersebar di Enam Kecamatan, Kabupaten Gorontalo, sebanyak 64.824 jiwa terkena dampak banjir. Hingga Jumat (05/11/2021), ratusan rumah di Kabupaten Gorontalo Masih Terendam Banjir.

Kepala BPBD Kabupaten Gorontalo, Sumanti Maku mengungkapkan, banjir terjadi setelah wilayah Kabupaten Gorontalo diguyur hujan sejak Kamis (4/11/2021) sore, sehingga air meluap dan merendam rumah warga.

“ banjir mulai terjadi sejak Kamis sore hingga malam kemarin, total ada 64.824 jiwa di 25 Desa di Enam Kecamatan yang terdampak” kata Sumanti.

Lebih lanjut Sumanti mengatakan, banjir yang menggenangi rumah warga ini selain diakibatkan oleh curah hujan yang tinggi, banjir juga  disebabkan kerusakan hutan.

“Penyebab banjir bukan hanya diakibatkan curah hujan, tapi wilayah hulu pegunungan kita sudah mulai rusak akibat penanaman-penanaman liar, sehingga ketika hujan air dengan cepat ke sungai dengan membawa material” ungkap Sumanti.

Meski demikian, banjir yang merendam rumah warga sejak Kamis malam ini mulai surut. Abdulrahman Jafar seorang korban banjir mengaku meski masih terendam, dirinya mulai  membersihkan barang-barang mereka yang terendam banjir.

“Meski masih terendam saya sudah mulai membersihkan barang-barang, semalam semua barang saya terendam tidak ada yang dapat diselamatkan, karena banjir terjadi dengan cepat” kata Adbulrahman

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:35
06:42
02:18
02:11
03:58
04:45
Viral