Pertemuan Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani dengan Ketua Umum Partai Demokrat, AHY di Hutan Kota Plataran GBK, Jakarta, Minggu (18/6/2023).
Sumber :
  • tvOnenews.com - Muhammad Bagas

Usai Pertemuan di GBK, Puan Tegaskan AHY Masuk Radar Cawapres Ganjar Pranowo

Minggu, 18 Juni 2023 - 17:33 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Ketua DPP PDIP Puan Maharani menegaskan bahwa nama Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) masuk dalam radar calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Ganjar Pranowo di Pemilu 2024.

Hal tersebut Puan lontarkan di depan AHY sendiri seusai mereka berdua melakukan pertemuan di Plataran Hutan Kota GBK, Jakarta Pusat, Minggu (18/6/2023).

Mulanya, Puan mengatakan bahwa PDIP belum menerima proposal secara resmi mengenai sosok bakal cawapres Ganjar Pranowo.

"Soal bacawapres, kami belum menerima proposal apapun. Namun sudah memahami dan mengetahui untuk adanya usulan nama dari partai yang kemudian mengusulkan. Jadi kalau proposal itu kan seolah-olah kertas hitam putih ada tulisannya, bahwa, ini, segala macam. Nggak (ada)," kata Puan.



Puan mengatakan, pihaknya terbuka terhadap usulan-usulan nama bacawapres yang ada. Dia kemudian menegaskan kembali bahwa nama AHY juga masuk radar bacawapres Ganjar.

"Usulan tersebut tentu saja akan kami tampung nama-nama yang waktu itu saya sebutkan. Salah satunya bacawapresnya (Ganjar) Mas AHY dari Partai Demokrat juga masuk radar PDI Perjuangan," ujar Puan.

Kendati demikian, kata Puan, PDIP masih mencermati nama-nama yang berpotensi menjadi Cawapres PDIP. Tak terkecuali, nama AHY sendiri.

"Jadi ya, ini kita akan cermati perkembangannya, bagaimana ke depannya, siapa yang kemudian yang cocok dengan PDI Perjuangan, siapa yang cocok dengan bacapresnya PDI Perjuangan Mas Ganjar Pranowo, kemudian tentu saja harus ada kesamaan visi dan misi," tuturnya.

Untuk menentukan hal itu, lanjut Puan, pihaknya akan melakukan komunikasi yang lebih intensif. Hal ini juga harus dilakukan seiring dengan dinamika politik dan perkembangannya secara nasional.

"Ya untuk kemudian menyamakan hal tersebut kita perlu bicara, perlu ngobrol, perlu lihat dinamika politik secara nasional, perkembangan, dan lain-lain sebagainya," tandasnya.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan (DPP PDIP) Puan Maharani mengatakan, untuk nama calon wakil presiden (cawapres) bagi bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo sudah ada 10 nama. Dia pun membeberkan sejumlah nama yang masuk untuk dipertimbangkan.

Sejumlah nama yang disebut di antaranya Menko Polhukam Mahfud Md, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.

“Nama kan banyak ada ada 10. Kalau boleh saya sebutkan yang ada di media ada Pak Mahfud sudah masuk namanya. Pak Erick Thohir, Pak Ridwan Kamil, Pak Sandiaga Uno, Pak AHY, sopo lagi mas, Pak Airlangga, nama-nama itu ya masuk dalam peta yang ada di PDI Perjuangan,” kata Puan Maharani di sela-sela Rakernas III PDIP, di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Selasa (6/6/2023).

Dia mengungkapkan, nama-nama tersebut semuanya mempunyai kelebihan yang nantinya akan dipertimbangkan oleh PDIP.

“Dan kemudian apakah itu bisa bekerja sama dengan calon dari PDI Perjuangan sesuai dengan visi misi, cita-cita dan sebagainya,” ungkap Puan. (rpi)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:55
01:18
01:38
03:04
12:58
01:47
Viral