Jakarta International Stadium (JIS).
Sumber :
  • Tim tvOne

Dinilai Belum Sesuai Standar, Presiden Joko Widodo Ingin Jakarta International Stadium Direnovasi

Rabu, 28 Juni 2023 - 21:13 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Presiden RI Joko Widodo ingin stadion sepak bola Jakarta International Stadium (JIS) dilakukan renovasi agar sesuai standar menjelang gelaran Piala Dunia U-17 di Indonesia.

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo saat ditanyakan mengenai kemungkinan Jakarta International Stadium menjadi venue ajang turnamen sepak bola tingkat internasional itu.

Dito mengatakan, dalam waktu dekat dirinya akan berkunjung ke JIS untuk mengecek lokasi. Sebelumnya terdapat usulan agar JIS menjadi venue Piala Dunia U-17. Sebab, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) telah dikontrak untuk konser grup band asal Inggris, Coldplay. Jadwal antara kedua acara tersebut berbentrokan. 

"Ini rencana saya akan mengunjungi JIS dalam waktu dekat ini, karena memang Bapak Presiden juga menginginkan JIS direnovasi sesuai standar," ungkap Dito usai menghadiri acara HUT AMPI ke-45 di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Rabu (28/6/2023).



Dito mengungkapkan, untuk menjadi venue pertandingan sepak bola paling bergengsi di tingkat Internasional, JIS masih memiliki banyak catatan.

Ia pun membeberkan sejumlah catatan JIS yang harus segera diperbaiki agar dapat menjadi tempat berlangsungnya Piala Dunia.

"Memang beberapa catatan buat Jakarta Internasional Stadium itu terkait pintu ya, akses pintu, parkir, dan apa saya lupa," tutur Dito.

Kendati demikian, Dito mengaku akan membahas lebih lanjut bersama PSSI perihal kemungkinan JIS ataupun stadion lainnya yang akan menjadi venue untuk Piala Dunia U-17.

"Kalau untuk U-17 kita akan membahas selanjutnya, tapi yang pasti target kita adalah, dari bapak presiden adalah 22 stadium di Indonesia ini bisa digunakan kapanpun," kata dia.

Diketahui, FIFA telah menetapkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 yang akan digelar pada 10 November hingga 2 Desember 2023. Indonesia menggantikan Peru yang tidak mampu menggelar FIFA World Cup U-17 pada April lalu akibat ketidaksiapan infrastruktur.

Sementara konser Coldplay sudah dijadwalkan digelar di Stadion Utama GBK Jakarta pada 15 November 2023. (rpi)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:26
07:14
02:26
01:45
02:53
02:10
Viral