Ketua Sub Komite Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) KNKT, Ahmad Wildan.
Sumber :
  • tim tvOne - Opih Riharjo

Jalan Tol di Indonesia Tidak Aman? Ini Kata KNKT

Senin, 15 November 2021 - 14:53 WIB

Indramayu, Jawa Barat - Sejumlah kecelakaan fatal terjadi di ruas jalan tol, salah satunya menimpa artis Vanessa Angel dan suaminya. Kejadian itu sempat memunculkan anggapan bahwa jalan tol di Indonesia tidak aman.

Namun, anggapan itu dibantah oleh Ketua Sub Komite Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Ahmad Wildan. 

Dia menegaskan, jalan tol di Indonesia merupakan jalan yang paling aman dibandingkan jalan lainnya. Wildan menyatakan, jalan tol di Indonesia telah menempuh sejumlah prosedur, baik saat akan dibuat, saat akan dioperasikan dan selama pemeliharaannya. Termasuk pula ada pemeriksaan laik fungsi jalan maupun laik operasi jalan.

"Anggapan bahwa jalan tol tidak aman itu keliru. Justru jalan tol kita adalah yang paling aman di Indonesia dibandingkan jalan lainnya. Yang jadi masalah adalah penggunanya yang belum siap menghadapi jalan yang aman dan nyaman (di jalan tol)," kata Wildan.

Wildan mencontohkan, sebelum ada jalan tol pengguna kendaraan mengandalkan jalan arteri dengan sejumlah kondisi yang mengiringinya. Salah satunya pasar di pinggir jalan, sehingga pengguna kendaraan tidak bisa memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi, hanya di kisaran 80 km per jam.

Namun kondisi di jalan tol, lanjut Wildan, memungkinkan pengguna kendaraan untuk memacu kecepatan lebih tinggi. Bahkan, hal itu menjadi euphoria dan memicu pengguna kendaraan untuk menempuh perjalanan dengan waktu singkat.

"Untuk kecepatan tinggi, dari segi jalan memang bisa, dari kendaraan pun bisa, tapi masalahnya orangnya siap tidak? Di sini banyak orang yang tidak siap sehingga akhirnya mengalami kecelakaan," tutur Wildan.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:56
02:26
00:41
01:23
00:56
01:52
Viral