Anwar Usman.
Sumber :
  • Antara

Dipecat jadi Ketua MK karena Langgar Etik Berat, Anwar Usman: Jabatan Milik Allah

Rabu, 8 November 2023 - 11:35 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Anwar Usman kini telah resmi dicopot dari jabatannya sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK). Ia diberhentikan karena dinyatakan melakukan pelanggaran berat terhadap kode etik oleh Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK).

Merespons hal ini, Anwar Usman tak memberikan banyak komentar. Ia hanya mengatakan bahwa sebuah jabatan adalah milik Tuhan.

Pernyataan Anwar Usman ini menjawab pertanyaan awak media mengenai dirinya yang tak lagi menjadi Ketua MK. Namun akan tetap menjadi hakim konstitusi di MK.

"(Kasus berikutnya di MK akan mengawal juga sebagai anggota saja?) Ya iya lah jabatan milik allah," kata Anwar Usman saat ditemui di MK, Rabu (8/11/2023) pagi.

Kemudian, adik ipar dari Presiden RI Joko Widodo itu mengatakan bahwa dirinya akan segera memberikan keterangan pers terkait status dirinya yang diberhentikan karena disebut melanggar etik.

"(Melanggar kode etik bapak menerima?) Nanti saya akan siaran pers," ujarnya.

Perlu diketahui, MKMK menyatakan Anwar Usman terbukti melakukan pelanggaran berat eryadap kode etik dan perilaku hakim. Maka itu, Anwar Usman dijatuhi sanksi dengan pemberhentian dari jabatannya sebagai Ketua MK.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
01:07
12:45
03:09
02:02
00:54
Viral