Bakal Capres dan Cawapres Partai PDIP, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD..
Sumber :
  • Tim tvOnenews/Julio Trisaputra

Begini Reaksi PDIP dan TPN Terkait Ganjar-Mahfud Terendah di Survei Litbang Kompas

Selasa, 12 Desember 2023 - 15:09 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Survei Litbang Kompas merilis pasangan calon presiden-calon wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka 39,3%, disusul pasangan capres-cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 16,7% dan pasangan capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD 15,3%.

Menanggapi survei itu, PDI Perjuangan (PDIP) dan Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud memilih cuek dan lebih fokus bergerak ke tengah masyarakat.

"Ya survei itu kan sangat dinamis itu kan di Jawa Tengah (Jateng) kami baru saja instal pasukan," kata Sekretaris Jendral PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Di sisi lain, survei Litbang Kompas juga mencatat terdapat 28,7 persen pemilih yang bimbang menentukan pilihan. 

Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud kini lebih fokus menyusun strategi untuk menggaet suara pemilih yang belum menentukan pilihan capres dan cawapres tersebut.

"Kalau kami lihat dari survei hari ini, itu ternyata yang undecided itu kan masih sangat tinggi, sehingga fokus pada pemilih perempuan, pemilih muda, pergerakan door to door di kampung-kampung, itu akan menjadi kunci kemenangan dan itulah yang dilakukan oleh Pak Ganjar-Mahfud dengan blusukan, tidur di rumah rakyat," jelasnya.

Adapun, survei Litbang Kompas kali ini dilakukan secara tatap muka dengan jumlah responden sebanyak 1.364 orang.

Ribuan responden tersebut dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi di Indonesia.

Untuk margin of error dari survei ini +/- 2,65% dengan tingkat kepercayaan 95%.(ant/lkf)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
03:55
05:35
03:29
06:33
02:13
Viral