Ganjar Pranowo kunjungi Pasar Jamu Nguter di Sukorharjo, Jawa Tengah (Jateng), Selasa (26/12/2023)..
Sumber :
  • TPN Ganjar-Mahfud

Ganjar Usul Dubes Luar Negeri Ikut Promosikan Jamu, Ternyata Ini Alasannya

Selasa, 26 Desember 2023 - 15:10 WIB

Sukoharjo, tvOnenews.com - Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengusulkan agar para duta besar Indonesia di luar negeri ikut mempromosikan jamu kepada non warga negara Indonesia.

Sebab, dirinya mendorong Indonesia bisa menjadi pusat herbal dunia. Dia berpendapat jamu yang dibuat dari olahan herbal Indonesia layak dijadikan unggulan industri masa depan.

“Kawan-kawan duta besar bisa membranding, jadi outlet, ada tamu disuguhi jamu. Saya rasa ini bagian dari promosi yang cukup baik. Nanti kita dorong Indonesia jadi pusat herbal dunia,” kata Ganjar usai mengunjungi Pasar Jamu Nguter di Sukorharjo, Jawa Tengah (Jateng), Selasa (26/12/2023).

Menurut dia, Indonesia berpeluang menjadi pusat kekayaan herbal dunia. Terlebih, Presiden RI Jokowi sudah menerbitkan ‘Peta Jalan Pengembangan Industri Jamu’ yang tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) RI Nomor 54 Tahun 2023.

Dalam Perpres yang ditandatangani Jokowi itu, termuat sejumlah poin dan dasar kebijakan penting untuk pengembangan industri jamu. Di antaranya meliputi konservasi alam dan lingkungan, peningkatan kualitas sumber daya manusia, pengembangan pengetahuan, hingga fasilitasi pelaku industri jamu.

Kendati demikian, eks Gubernur Jawa Tengah itu menilai jamu serta produk herbal asli Indonesia ini masih dipandang sebelah mata. Oleh karena itu, Ganjar sangat mendukung realisasi kebijakan pengembangan industri jamu.

Lebih lanjut, Ganjar juga menyoroti pentingnya inovasi bagi pengembangan jamu. Misalnya dengan menciptakan kemasan praktis seperti kapsul. Dia juga mendorong minuman jamu dijadikan sebagai bagian dari gaya hidup.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:27
01:11
11:12
01:42
08:26
02:22
Viral