Mahfud MD.
Sumber :
  • Muhammad Bagas-tvOne

Mahfud Sebut Sirekap Masih Tidak Karuan Meski KPU Klaim Sudah Diaudit Lembaga Berwenang

Kamis, 22 Februari 2024 - 16:24 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD mengkritik alat bantu penghitungan suara Pemilu 2024, Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap), milik KPU RI.

Mahfud menyebut Sirekap KPU RI itu masih tidak karuan. Padahal, KPU RI mengklaim bahwa Sirekap sudah diaudit oleh lembaga berwenang.

“Ini kan digitalnya sampai sekarang masih, Sirekap itu kan masih ndak karuan juga. Katanya sudah diaudit oleh yang berwenang. Kapan diaudit dan dalam bentuk seperti apa auditnya tentu ada sertifikasinya ya,” kata Mahfud di kediamannya di kawasan Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (22/2/2024).

Mantan Menko Polhukam itu mengusulkan agar Sirekap diaudit digital forensik oleh lembaga independen, bukan lembaga berwenang.

“Kalau memang mau objektif ya audit digital forensiknya itu oleh lembaga independen. Oleh para ahli komputer, kan sudah banyak tuh korporasi-korporasi yang jago di bidang itu. Perguruan tinggi, kemudian yang profesional di lapangan juga banyak,” jelasnya.

Menurut Mahfud, audit Sirekap menjadi penting karena kesalahan di Sirekap terjadi berulang-ulang di berbagai tempat sampai hari ini.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
01:36
08:17
05:48
02:30
04:12
Viral