Gunung api ILE LEWOTOLOK di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur.
Sumber :
  • Tim tvOne/Tovik Koban

Gunung Api Ile Lewotolok di NTT Alami 9 Kali Erupsi

Minggu, 19 Desember 2021 - 22:08 WIB

Lembata, Nusa Tenggara Timur - Gunung api Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, NTT, sejak Minggu (19/12) pagi hingga petang kembali erupsi sebanyak 9 kali, dengan tinggi kolom abu mencapai 300 hingga 600 meter dari puncak gunung. Gunung ini telah berstatus siaga sejak November 2020 lalu.

" Data PVMBG Pos Pengamatan Gunung api Ile Lewotolok tercatat, sejak enam jam terakhir, gunung ILE lewotolok dengan ketinggian 1423 Meter dari permukaan laut ini, selain erupsi sebanyak 9 kali letusan, juga diwarnai adanya gempa hembusan sebanyak 24 kali dan juga gempa tektonik jauh sebanyak 8 kali, " Demikian dikatakan Yeremias Kristianto, petugas Pos Pengamatan Gunung api ILE lewotoko saat dihubungi tvonenews.com, Minggu (19/12/2021) petang.

Dijelaskan Yeremias, pasca-erupsi besar November 2020 lalu, gunung ile Lewotolok hingga kini terus menunjukkan aktivitas vulkanik. Meski demikian erupsi yang masih terus terjadi ini berskala kecil. Kondisi ini terjadi lantaran masih adanya aktivitas magma ke permukaan kawah gunung.

" Ya hingga kini gunung Lewotolok masih terus erupsi. Setiap kali erupsi selalu disertai gemuruh. Kondisi ini terjadi lantaran masih adanya pergerakan magma ke permukaan kawah gunung,' jelasnya.

Untuk menghindari dampak gunung api yang masih terus erupsi, lanjut Yeremias, pihak PVMBG pos pengamatan gunung ILE Lewotolok berharap agar warga tidak melakukan aktivitas dalam radius tiga kilometer dari puncak gunung. Hal ini lantaran adanya ancaman bahaya longsor material lapuk yang dapat disertai awan panas dari bagian tenggara puncak kawah gunung ile lewotolok.

"Mengingat abu vulkanik hingga saat ini jatuh di beberapa sektor di sekeliling G. Ili Lewotolok maka masyarakat yang bermukim di sekitar aliran sungai-sungai yang berhulu di puncak G. Ili Lewotolok agar mewaspadai ancaman lahar terutama disaat musim hujan," Pintahnya. (Tovik Koban/mii)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
00:57
01:05
02:07
02:21
05:41
Viral