Prabowo Subianto.
Sumber :
  • Tim tvOnenews/Julio Trisaputra

Pakar Ekonomi Energi UGM Soroti Wacana Prabowo Subianto Kembangkan Energi Baru dan Terbarukan, Singgung Sawit Jadi Alternatif BBM

Minggu, 3 Maret 2024 - 02:01 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Pakar ekonomi energi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Fahmy Radhi mendadak mendukung wacana Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto terkait mengembangkan energi baru dan terbarukan.

Dia mengatakan Indonesia sumber daya alam melimpah, salah satunya etanol. Menurutnya, kelapa sawit juga menjadi hal yang mesti diperhatikan untuk sumber alternatif bahan bakar minyak (BBM).

"Indonesia mempunyai resources cukup berlimpah ruah, salah satunya etanol. Kemudian juga ada sawit dan itu bisa dijadikan sebagai alternatif untuk bahan bakar minyak (BBM). Saya kira rencana Prabowo untuk stop impor BBM dan menggantinya dengan green energy suatu pemikiran yang cukup bagus dan ideal," kata dia dalam keterangannya dilansir Minggu, (3/3/2024).

Menurut dia, rencana menghentikan impor BBM dan menggantinya dengan energi terbarukan, seperti kelapa sawit, tebu hingga singkong, untuk membawa Indonesia menuju swasembada energi.

Fahmy menuturkan meskipun rencana itu bagus, diperlukan waktu yang cukup untuk menyiapkan teknologi.

Sebab, dia menuturkan Indonesia belum mempunyai teknologi sehingga perlu pengembangan teknologi untuk mengolah sumber daya alam Indonesia menjadi energi hijau.

"Tetapi itu tidak bisa serta-merta dilakukan karena salah satunya kita tidak punya teknologi untuk mengolahnya," ujarnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
01:36
08:17
05:48
02:30
04:12
Viral