Presiden Jokowi diduga merapat ke Golkar.
Sumber :
  • tim tvOne/Julio Trisaputra

Isu Presiden Jokowi Berlabuh ke Golkar hingga Target Sebagai Pemimpin Partai, Pengamat Beberkan Bisa Jadi Penyeimbang Atas Kekuatan PDIP

Minggu, 3 Maret 2024 - 04:00 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Pengamat politik sekaligus Direktur Data Politik Indonesia, Catur Nugroho menyoroti potensi Presiden Jokowi berlabuh ke Partai Golkar dari PDIP seusai lepas jabatan presiden pada Oktober 2024.

Adapun, isu hengkangnya Presiden Jokowi ke Golkar sempat berhembus karena adanya dugaan hubungan tak harmonis dengan PDIP.

Menurut Catur, kemungkinan Jokowi gabung ke Golkar cukup berpeluang besar setelah partai besutan Airlangga Hartarto tersebut masuk ke pemerintahan.

"Semenjak Golkar bergabung di kabinet Jokowi, sudah ada 'ketertarikan' Jokowi untuk menjadikan Golkar sebagai kekuatan penyeimbang atas kekuatan PDIP yang merupakan partai pengusung Jokowi di Pilpres 2019," kata Catur kepada tvOnenews.com, Sabtu (2/3/2024).

Catur Nugroho menjelaskan situasi Jokowi di PDIP pun kurang baik jika mengincar jabatan sebagai ketua umum (Ketum) atau pimpinan partai meski menjadi kader paling berprestasi.

Menurut dia, situasi tersebut memungkinkan Jokowi untuk berlabuh ke Golkar dan mendapat kesempatan besar sebagai pimpinan partai.

"Melihat kecil peluang Jokowi untuk menjadi pimpinan tertinggi di PDI-P meskipun merupakan kader yang paling berprestasi, wajar jika akhirnya Jokowi melirik Golkar untuk dijadikan kendaraan politik setelah selesai masa jabatan presiden Oktober nanti," jelasnya.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
01:36
08:17
05:48
02:30
04:12
Viral