BMKG prakirakan hujan guyur sebagian kota besar hari ini.
Sumber :
  • ANTARA

Hujan Lebat akan Turun di Sejumlah Kota Besar Hari ini, Begini Prakiraan Cuaca Menurut BMKG

Sabtu, 18 Mei 2024 - 07:45 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Hujan dengan intensitas lebat akan turun di sejumlah kota besar hari ini berdasarkan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Prakirawan BMKG Syndhy Intan Pratiwi mengungkapkan sirkulasi siklonik di sejumlah wilayah di Indonesia mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan.
 
"Sirkulasi siklonik membentuk daerah perlambatan kecepatan angin atau konvergensi yang memanjang di Samudera Hindia barat Sumatera Barat dari Sabah hingga Laut China Selatan dan Papua," ujarnya, Sabtu (18/5/2024).

Adapun kota yang kemungkinan turun hujan lebat di Pulau Sumatra yakni Medan, Tanjung Pinang, Padang, dan Pangkal Pinang.

Sementara di Kalimantan diprediksi akan turun hujan lebat di Tanjung Selor. Di wilayah Palayngka raya, Banjarmasin, dan Samarinda diprediksi akan turun hujan ringan.

Di Pulau Sulawesi diprediksi hanya akan terjadi hujan ringan di kawasan Makassar dan Palu. Sementara hujan sedang diprakirakan terjadi di Mamuju dan Kendari.

Selain itu, bagi masyarakat di Manado, wajib mewaspadai adanya hujan petir.

Pulau Jawa secara umum diprakirakan cerah berawan hingga berawan di wilayah Jakarta, Semarang, Surabaya, Serang dan Yogyakarta.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:56
02:26
00:41
01:23
00:56
01:52
Viral