Lontaran abu erupsi Gunung Marapi terpantau dari Posko Penanganan Darurat Galodo di Kantor Kecamatan Sungai Pua,Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Kamis (30/5)..
Sumber :
  • Antara

Gunung Marapi Sumbar Berstatus Siaga, BNPB Minta Warga Wajib Lakukan Ini

Kamis, 30 Mei 2024 - 17:28 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengingatkan secara khusus kepada warga Sumatera Barat (Sumbar) untuk tetap tenang dan mematuhi arahan dari pemerintah daerah (pemda) setempat terkait Gunung Marapi yang kembali erupsi, Kamis (30/5) siang.

"Semua arahan dalam kondisi kebencanaan seperti ini sudah pasti berorientasi terhadap keselamatan penduduk," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari di Jakarta.

Ia meminta seluruh pihak agar menjaga suasana yang kondusif di tengah masyarakat, salah satunya dengan tidak menyebarkan narasi bohong (hoaks) yang tidak jelas dari mana sumbernya dan kebenarannya diragukan.

BNPB memastikan saat ini pemda melalui tim reaksi cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan unsur potensi SAR lain di Sumbar bersiaga turun ke lokasi untuk memastikan keselamatan warga, di antaranya Tanah Datar, Agam, dan seterusnya, yang berada tak jauh dengan Gunung Marapi.

Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk menjauhi daerah aliran sungai yang berhulu ke Gunung Marapi dan waspada terhadap potensi risiko bahaya lahar yang dapat terjadi terutama saat terjadi hujan.

"Masyarakat hendaknya memakai masker penutup hidung dan mulut untuk menghindari dampak jika terjadi hujan abu," ujarnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
01:36
08:17
05:48
02:30
04:12
Viral