Menteri Sekretaris Negara Pratikno.
Sumber :
  • ANTARA

Ini Dia 9 Nama Pansel yang Akan Menyeleksi Pimpinan KPK, Dipimpin Kepala BPKP

Kamis, 30 Mei 2024 - 18:10 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Ini dia sembilan nama panita seleksi (Pansel) yang akan menyeleksi calon pimpinan dan dewan pengawas KPK, pimpinannya adalah Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Yusuf Ateh.

“Pak Presiden sudah menetapkan ketuanya adalah Muhammad Yusuf Ateh (ketua merangkap anggota), beliau Kepala BPKP,” kata Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Kamis (30/5/2024).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya telah menandatangani keputusan terkait penunjukan sembilan anggota panitia seleksi calon pimpinan dan dewan pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel KPK).

Pratikno mengatakan selain Yusuf Ateh sebagai ketua, Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Arif Satria sebagai Wakil Ketua sekaligus anggota Pansel KPK.

Adapun tujuh orang anggota Pansel KPK lainnya yakni Nawal Nely, Y. Ambeg Paramarta, Ahmad Erani Yustika,Ivan Yustiavandana, Elwi Danil, Rezki Sri Wibowo, dan Taufik Rachman.

“Jadi memang ketuanya ini dari unsur pemerintah pusat, sebagaimana diatur dalam PP Nomor 4 Tahun 2020 tentang Tata Cara Pengangkatan Ketua dan Dewas KPK. Di situ disebutkan ketuanya (pansel) dari unsur pemerintah pusat,” kata Pratikno.

Secara keseluruhan anggota Pansel KPK berjumlah 9 orang terdiri dari 5 orang unsur pemerintah pusat dan 4 orang unsur masyarakat. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
01:36
08:17
05:48
02:30
04:12
Viral